PENGARUH INVESTASI AKTIVA TETAP TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH INVESTASI AKTIVA TETAP TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH INVESTASI AKTIVA TETAP TERHADAP PENDAPATAN OPERASIONAL PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)
Author: Indrawati, Neneng
Abstract: Investasi aktiva tetap pada perusahaan manufaktur sangat penting. Aktiva tetap yang digunakan perusahaan untuk kegiatan produksi mempunyai peran penting dalam menciptakan pendapatan operasional perusahaan. Dimana aktiva tetap ini adalah suatu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk berproduksi untuk menghasilkan produk yang kemudian akan dijual untuk menciptakan pendapatan. Apabila investasi dalam aktiva tetap melebihi yang diperlukan akan membebankan fixed cost yang besar bagi perusahaan. Sebaliknya jika investasi dalam aktiva tetap terlalu kecil akan dapat mengakibatkan kekurangan peralatan produksi, yang dapat mengakibatkan perusahaan bekerja dengan harga pokok yang tinggi sehingga mengurangi daya saing perusahaan atau kemungkinan lain persahaan dapat kehilangan sebagian dari pasar produksinya. Dengan demikian supaya perusahaan dapat bersaing harga di pasar maka salah satunya adalah melakukan investasi aktiva tetap dengan cermat. Penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh investasi aktiva tetap terhadap pendapatan operasional perusahaan pada PT. PINDAD (Persero) yang beralamat di jalan Gatot Subroto No. 517 Bandung, dengan tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui investasi aktiva tetap yang dikelola oleh perusahaan. 2. Untuk mengetahui pendapatan operasional yang diperoleh atau dihasilkan oleh perusahaan. 3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh investasi aktiva tetap terhadap pendapatan operasional perusahaan. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, penulis mengumpulkan data melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Data yang diambil adalah laporan keuangan tahunan PT. PINDAD (Persero) dari tahun 2002 sampai dengan tahun 2006, yang kemudian diolah dengan menggunakan analisis korelasi pearson, uji t, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang penulis lakukan, investasi aktiva tetap dan pendapatan operasional pada PT. PINDAD (Persero) pada umumnya mengalami kenaikan dari tahun ketahun. Untuk analisis korelasi pearson produk moment diperoleh r = 0.776. Jadi terdapat hubungan yang kuat dan positif antara investasi aktiva tetap dan pendapatan operasional pada PT. PINDAD (persero). Selanjutnya pada perhitungan untuk menguji tingkat signifikansi hubungan, diperoleh thitung adalah 1,236 dan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan ( df = n – 2 ) adalah 3.182, karena thitung lebih kecil dari ttabel (1,236 < 3.182), maka Ho (Investasi aktiva tetap tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pendapatan operasional) diterima. Pada perhitungan analisis koefisien determinasi diperoleh 60,218% artinya pengaruh investasi aktiva tetap terhadap pendapatan operasional adalah 60,218% .
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7104
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 59.65Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 27.73Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.19Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 30.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 31.34Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.11Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 21.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 43.53Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 115.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 54.06Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.84Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 30.42Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record