ANALISIS DATABASE MANAGEMENT SYSTEM PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Persero, Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS DATABASE MANAGEMENT SYSTEM PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Persero, Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS DATABASE MANAGEMENT SYSTEM PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi kasus pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia Persero, Bandung)
Author: Meiriani
Abstract: Persediaan barang dagangan bagi perusahaan industri besar memegang peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dalam pengolahan persediaan barang dagangan dalam skala besar, perusahaan harus mengelola persediaan baik dalam perencanaan barang maupun dalam pengendalian. Dengan membuat suatu perencanaan barang dagangan akan membantu perusahaan dalam menyediakan barang yang sesuai dengan pesanan. Pengendalian atas persediaan juga akan membantu perusahaan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam penanganan jumlah persediaan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Database Management System persediaan barang dagangan yang ada di perusahaan, untuk mengetahui sistem pengendalian internal persediaan barang dagangan di perusahaan dan untuk mengetahui Database Management System persediaan barang dagangan yang diterapkan oleh perusahaan dapat menunjang efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan. Penelitian ini dilakukan di PT. INTI (Persero) yang berlokasi di jalan Moch Toha No.77, Bandung. Perusahaan ini bergerak di bidang industri pertelekomunikasian. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menghitung korelasi antara dua variabel, yaitu variabel X (Database Management System persediaan barang dagangan) dan variabel Y (Efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan), yang kemudian dianalisis dan ditarik suatu kesimpulan. Data yang diukur berasal dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada lima orang responden yang terkait dengan penelitian. Dari hasil penelitian dengan menggunakan Rank Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif atau terdapat hubungan antara Database management system persediaan barang dagangan dengan efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan, dari hasil analisis statistik diketahui nilai t hitung < nilai t tabel, maka H0 diterima dan Hi ditolak. Namun, kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang positif dan kuat atau Database management system persediaan barang dagangan mempunyai hubungan yang kuat dalam menunjang efektivitas pengendalian internal persediaan barang dagangan sehingga hipotesis penelitian yang penulis ajukan dapat diterima. Dan berdasarkan perhitungan koefisien determinasi dapat dilihat bahwa adanya kontribusi sebesar 62,31% dari variabel X terhadap variabel Y dan sisanya 37,69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7101
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.41Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 59.38Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 57.30Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 46.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 80.71Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 217.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 108.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 235.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 58.18Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.01Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record