PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM EFEKTIVITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS ( Studi kasus pada PT. X )

Widyatama Repository

PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM EFEKTIVITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS ( Studi kasus pada PT. X )

Show full item record

Title: PENERAPAN METODE VARIABLE COSTING DALAM EFEKTIVITAS PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS ( Studi kasus pada PT. X )
Author: Sari, Maya Puspita
Abstract: Pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus, merupakan salah satu dari pengambilan keputusan taktis, dimana memiliki lima langkah dalam proesesnya, yaitu mengenali dan mendefinisikan masalah, mengindentifikasi alternatif sebagai kemungkinan pemecahan masalah dan mengeliminasi alternatif yang tidak mungkin dilakukan, mengidentifikasi prediksi biaya dan manfaat yang berhubungan dengan tiap alternatif yang memungkinkan, mengeliminasi biaya dan manfaat yang tidak relevan terhadap keputusan, membandingkan biaya dan manfaat relevan untuk tiap alternatif, dan menghubungkan tiap alternatif tersebut dengan sasaran stratejik keseluruhan bagi perusahaan dan faktor kualitatif penting lainnya, dan memilih alternatif dengan manfaat terbesar yang juga menunjang sasaran stratejik organisasi. Dengan adanya proeses tersebut, manajemen dapat mengambil keputusan dengan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. X, dengan metode penelitiannya adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode variable costing yang diterapkan dalam pengambilan keputusan untuk menerima atau menolak pesanan khusus pada perusahaan sudah memadai, efektif, dan bermanfaat. Hasil penelitian dengan menggunakan data biaya, data produksi selama tahun 2008 dan penerapan metode variable costing, diketahui bahwa pesanan khusus yang diterima sebanyak 7.024 gros dan menghasilkan tambahan laba sebesar Rp 225.231.090. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan di PT. X, penulis membuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa penerapan metode variable costing yang memadai dapat bermanfaat bagi manajemen dalam efektivitas pengambilan keputusan pada pesanan khusus, sedangkan saran yang disampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7100
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.27Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 56.43Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 155.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 68.14Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 274.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.18Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 40.05Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record