MANFAAT ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PROMOSI (Studi Kasus Pada PT DJARUM)

Widyatama Repository

MANFAAT ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PROMOSI (Studi Kasus Pada PT DJARUM)

Show full item record

Title: MANFAAT ANGGARAN BIAYA PROMOSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PROMOSI (Studi Kasus Pada PT DJARUM)
Author: Hernawan, Irvan
Abstract: Dengan semakin berkembang dunia usaha yang sangat cepat dimasa sekarang ini, banyak terjadi persaingan yang ketat di antara perusahaan sejenis terutama perusahaan rokok di kota-kota besar. Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya, perusahaan harus dapat mengelola seluruh kegiatan perusahaan semaksimal mungkin untuk memperoleh hasil yang terbaik. Kegiatan promosi pada dasarnya merupakan suatu komunikasi dari pihak produsen kepada pihak konsumen mengenai kegunaan, kualitas, harga, tempat di mana pembelian dapat dilakukan, serta informasi produk lainnya. Dalam promosi dikenal empat alat yaitu: sales promotion, advertising, personal selling, dan public relation. Perusahaan harus dapat menentukan alat yang tepat atau kombinasi yang baik dari alat-alat promosi ini, sehingga perusahaan dapat melakukan kegiatan promosi dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan perencanaan dan pengendalian aktivitas promosi yang tepat, agar dengan biaya yang telah dikeluarkan tidak melebihi dana yang telah ditetapkan sebelumnya. Sebagai alat pengendaliannya dapat digunakan anggaran biaya promosi. Berhubungan dengan permasalahan di atas, penulis mengajukan hipotesis sebagai berikut: “Anggaran Biaya Promosi yang Memadai Bermanfaat Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Promosi”. Penulis melakukan penelitian pada perusahaan rokok PT DJARUM yang berlokasi di Bandung, dengan mengambil judul skripsi: “Manfaat Anggaran Biaya Promosi dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Promosi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana manfaat anggaran biaya promosi yang memadai pada perusahaan dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya promosi. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, menyajikan, menganalisis data pada perusahaan sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti untuk menguji hipotesis yang ada dengan menggunakan metode Champion dengan alternatif jawaban “ya” dan ”tidak”. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa jawaban responden dalam pelaksanaan anggaran biaya promosi yang memadai bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya promosi. Dimana hasil perhitungan untuk variabel independen sebesar 93,46 % dan variabel dependen sebesar 83,64 %, sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa anggaran biaya promosi yang memadai bermanfaat dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya promosi. Faktor-faktor yang mendukung kesimpulan tersebut yaitu adanya prinsip, prosedur, karakteristik dan manfaat penyusunan anggaran yang memadai. Disamping itu adanya efektivitas pengendalian biaya promosi yang dilakukan untuk tercapainya tujuan pengendalian yaitu hasil yang sebesar-besarnya, menghindari dari biaya yang relatif besar serta memperoleh hasil yang sesuai dengan rencana dan yang dikehendaki. Hal ini berarti hipotesis yang ditetapkan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7099
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 459.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 66.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 93.32Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 66.01Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 64.72Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 64.26Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 106.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 299.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 176.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 373.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 102.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 78.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record