PENGARUH LABA TERHADAP PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Survei Terhadap PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Astra International Tbk, dan PT United Tractors Tbk)

Widyatama Repository

PENGARUH LABA TERHADAP PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Survei Terhadap PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Astra International Tbk, dan PT United Tractors Tbk)

Show full item record

Title: PENGARUH LABA TERHADAP PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA LAPORAN TAHUNAN PERUSAHAAN (Survei Terhadap PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Astra International Tbk, dan PT United Tractors Tbk)
Author: Shaputra, Harrie
Abstract: CSR adalah basis Teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat setempat. Secara teoritik, CSR dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab moral suatu perusahaan terhadap para strategic-stakeholder nya, terutama komunitas atau masyarakat sekitar wilayah kerja operasinya. CSR memandang perusahaan sebagai agen modal. Dengan atau tanpa aturan hukum, sebuah perusahaan harus menjunjung tinggi moralitas. Parameter keberhasilan suatu perusahaan dalam suatu sudut pandang CSR adalah mengedepankan prinsip moral dan etis, yakni menggapai suatu hasil terbaik, tanpa merugikan masyarakat lainnya. Salah satu prinsip moral yang sering digunakan adalah golden rules, yang mengajarkan agar seseorang atau suatu pihak memperlakukan orang lain sama seperti apa yang mereka ingin perlakukan. Dengan begitu, perusahaan yang bekerja dengan mengedepankan prinsip moral dan etis dan akan memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat. Keberadaan perusahaan dalam masyarakat dapat memberikan aspek yang positif dan negatif. Disatu sisi perusahaan menyediakan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat, namun disisi lain tidak jarang masyarakat mendapatkan dampak yang buruk dari aktivitas bisnis perusahaan. Banyak kasus ketidakpuasan publik yang bermunculan, baik yang berkaitan dengan pencemaran lingkungan, perlakuan yang tidak adil kepada pekerja, kaum minoritas dan perempuan, kualitas produk, serta eksploitasi secara besar-besaran terhadap energi dan sumber daya alam yang menyebabkan kerusakan lingkungan. Banyak manfaat yang diperoleh perusahaan dengan pelaksanaan CSR, antara lain semakin disukai oleh konsumen makin tinggi. Dengan pelaksanaan CSR, diharapkan tingkat profitabilitas perusahaan juga meningkat. Berdasarkan uraian di atas, penulis bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Laba Perusahaan Terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility dan seberapa besar pengaruh tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Objek dalam penelitian ini adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Astra International Tbk dan PT United Tractors Tbk. Untuk mengolah dan menganalisis data, penulis mendeskriptifkan data serta perhitungan dengan menggunakan metode statistik analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis koefisien residu. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang berbanding dan kuat dari Laba Perusahaan terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility. Hasil analisis dan perhitungan menunjukkan nilai koefisien korelasi spearman adalah 0,700 ≥ rho tabel dengan taraf kesalahan 5% dengan ini terbukti terdapat pengaruh dari laba perusahaan terhadap pelaksanaan corporate social responsibility.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7097
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.21Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 96.92Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 173.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 99.15Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 66.36Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 42.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record