ANALISIS PERBANDINGAN ALOKASI BIAYA OVERHEAD PABRIK BERDASARKAN CONVENTIONAL SYSTEM DENGAN ACTIVITY BASED COSTING DAN HUBUNGAN TERHADAP LABA KOTOR PER-PRODUK ( Studi kasus pada PT. Anugerah Trimulya Tekstile Bandung )

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN ALOKASI BIAYA OVERHEAD PABRIK BERDASARKAN CONVENTIONAL SYSTEM DENGAN ACTIVITY BASED COSTING DAN HUBUNGAN TERHADAP LABA KOTOR PER-PRODUK ( Studi kasus pada PT. Anugerah Trimulya Tekstile Bandung )

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN ALOKASI BIAYA OVERHEAD PABRIK BERDASARKAN CONVENTIONAL SYSTEM DENGAN ACTIVITY BASED COSTING DAN HUBUNGAN TERHADAP LABA KOTOR PER-PRODUK ( Studi kasus pada PT. Anugerah Trimulya Tekstile Bandung )
Author: Sari, Hanny Meilita
Abstract: Perusahaan harus mampu mengembangkan perusahaannya agar dapat menghadapi persaingan. Oleh karena itu perusahaan memerlukan peningkatan cara pembebanan biaya terhadap produknya agar menghasilkan informasi biaya yang tepat dan akurat bagi manajemen untuk menentukan harga jual yang tepat. Penelitian dilakukan pada PT. Anugrah Trimulia Tekstile sebuah perusahaan tekstil yang terletak di Jl. Cisirung No. 99 Bandung. Dalam melakukan penelitian ini, penulis bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari metode ABC dengan metode konvensional dalam pengalokasian biaya overhead pabrik dan hubungannya terhadap laba kotor per-produk yang akurat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis, yang bertujuan melukiskan keadaan objek penelitian yang sebenarnya dengan cara mengumpulkan data relevan yang tersedia kemudian disusun, dipelakari, serta dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian, penulis melihat bahwa PT. Anugrah Trimulia Tekstile dasar pengalokasian biaya overhead pabriknya dirasakan kurang tepat, karena pengalokasian biaya overhead dihitung dengan membagi jumlah seluruh biaya overhead dengan jumlah produksi selama periode tertentu. Sehingga biaya overhead untuk setiap jenis produknya kurang akurat, karenapada perusahaan yang memproduksi lebih dari satu jenis produk, biaya overhead tidak berbanding langsung dengan dengan jumlah produksi sehingga akan terjadi distorsi dalam perhitungan harga pokok produksi. Berdasarkan hasil pembahasan, penulis menggunakan metode ABC dalam pengalokasian biaya overhead yang dinilai lebih tepat agar informasi biaya overhead dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Metode pengalokasian biaya overhead menurut sistem ABC dengan membebankan biaya overhead berdasarkan aktivitas yang terjadi. Setelah menghitung besarnya pengalokasian biaya overhead dari masing-masing cosy pool berdasarkan masingmasing cost driver, maka besarnya pengalokasian biaya tadi diakumulasikan sehingga didapatkan besarnya pengalokasian biaya produksi tidah langsung untuk masing-masing produk. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa pengalokasian biaya overhead yang telah dilakukan oleh PT. Anugrah Trimulia Tekstile tidak lagi sesuai dengan kondisi perusahaan saat ini, karena perusahaan memproduksi lebih dari satu jenis produk yang mengkonsumsi biaya produksi dengan jumlah yang berbeda.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7096
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 32.64Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.53Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 56.18Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 51.15Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 45.69Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 45.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 37.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 76.80Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 148.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 73.64Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 50.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.85Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record