STUDI PERAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI STUDI KASUS pada PT PINDAD (Persero)

Widyatama Repository

STUDI PERAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI STUDI KASUS pada PT PINDAD (Persero)

Show full item record

Title: STUDI PERAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PRODUKSI STUDI KASUS pada PT PINDAD (Persero)
Author: Winardi, Fidelia Octiviani
Abstract: Dewasa ini, perusahaan dihadapkan pada persaingan yang ketat, perusahaan dituntut harus mampu memperoleh dan mengelola sumber-sumber daya ekonomi yang dimiliki secara efektif dan efisien. Salah satunya adalah pengendalian terhadap biaya produksi. Untuk itu diperlukan suatu alat bagi manajemen dalam mengelola biaya produksi, yaitu akuntansi pertanggungjawaban yang mengharuskan setiap manajer pusat pertanggungjawaban untuk selalu bertanggung jawab atas wewenang yang diterimanya, termasuk masalah biaya yang terdapat dalam anggaran yang telah dibuat masing-masing pusat pertanggungjawaban. Penulis melakukan penelitian pada PT PINDAD (Persero) yang berlokasi di Jl. Gatot Soebroto No 517 Bandung. Objek penelitiannya adalah peranan akuntansi pertanggungjawaban di perusahaan dalam menunjang efektivitas biaya produksi. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2008. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan untuk memperoleh data, dilakukan penelitian lapangan dan didukung dengan penelitian kepustakaan. Hasil yang diperoleh penullis dari penelitian ini adalah bahwa akuntansi pertanggungjawaban di PT PINDAD (Persero) berperan dalam menunjang efektivitas biaya produksi. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya hal-hal berikut: 1. Penerapan syarat-syarat akuntansi pertanggungjawaban di PT PINDAD (Persero) dengan adanya struktur organisasi dan wewenangnya, pengklasifikasian kode rekening, anggaran yang disusun, dan adanya laporan pertanggungjawaban. 2. Karakteristik akuntansi pertanggungjawaban di PT PINDAD (Persero) dengan adanya identifikasi pusat pertanggungjawaban, standar tolok ukur kinerja manajer dan sistem penghargaan. 3. Penggunaan informasi akuntansi pertanggungjawaban dalam pengendalian biaya produksi dengan adanya penyajian informasi anggaran biaya produksi, realisasi dan selisihnya, sehingga dapat diketahui biaya produksi pada PT PINDAD (Persero) sudah cuku efektif. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perusahaan telah menetapkan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas biaya produksi. Namun hal ini harus didukung oleh adanya penghargaan kepada karyawan yang berprestasi untuk lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan prestasinya dan untuk kesejahteraan perusahaan juga. Maka penulis memberikan saran agar sistem penghargaan tersebut diadakan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7094
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 56.00Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.63Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 72.15Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 49.74Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 26.26Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 67.02Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 123.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 269.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 120.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 354.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 81.01Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 69.39Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record