PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PELAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Widyatama Repository

PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PELAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)

Show full item record

Title: PERAN IMPLEMENTASI ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL PELAPORAN KEUANGAN (Studi Kasus pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company)
Author: Andiyani, Elly
Abstract: Salah satu fungsi perusahaan yang kaitannya dengan keputusan manajemen adalah fungsi dari akuntansi yang bertanggungjawab mengontrol dan melaporkan kinerja keuangan perusahaan. Agar laporan keuangan yang dihasilkan sesuai dengan karakteristik diperlukan suatu sistem yang integrasi dari keseluruhan proses bisnis yang ada. Sistem informasi yang diimplementasikan tidak hanya meningkatkan arus informasi transaksi, tetapi melakukan pengendalian yang efektif terhadap penyusunan laporan keuangan. Semakin meningkatnya kebutuhan perusahaan akan informasi yang terintegrasi, menyebabkan banyaknya permintaan perusahaan akan sistem ERP khususnya pada perusahaan manufaktur, hal ini dikarenakan ERP merupakan suatu paket software yang mampu melakukan integrasi di suatu perusahaan, bersifat fungsional dengan tujuan dapat merencanakan dan mengelolah sumber daya organisasi dengan lebih efisien dan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan baik termasuk dalam meningkatkan kualitas atas laporan keuangan. Penulis melakukan penelitian pada PT Ultrajaya Milk Industry and Trading Company Tbk, perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan makanan dan minuman, berlokasi di Bandung. Perusahaan ini telah menggunakan sistem ERP dalam proses bisnisnya dengan wujud kongkritnya mengimplementasikan aplikasi SAP R/3. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian data yang dikumpulkan melalui proses pembagian kuesioner, observasi serta wawancara ke bagian yang berhubungan dengan masalah yaitu pengendalian internal pelaporan keuangan. Sedangkan data sekunder diperolah dari literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode persentase Champion. Hasil perhitungan untuk variabel independent diperoleh persentase sebesar 85,16%, untuk variabel dependent diperoleh persentase sebesar 90,57%, dan hasil perhitungan untuk mengukur peran implementasi ERP terhadap efektifitas pengendalian internal pelaporan keuangan diperoleh persentase sebesar 86,07%. Hasil ini menunjukkan bahwa Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) ”sangat berperan” dalam menunjang efektifitas pengendalian internal pelaporan keuangan pada PT Ultrajaya Milk Industry. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada PT Ultrajaya Milk Industry Tbk, penulis membuat kesimpulan dan saran. Kesimpulan yang diperoleh adalah telah terpenuhinya unsur-unsur pada sistem ERP, unsur-unsur pengendalian internal pelaporan keuangan dan tercapainya tujuan pelaporan keuangan. Sedangkan saran yang sampaikan merupakan bahan pertimbangan bagi pihak manajemen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7091
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.82Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.60Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 42.45Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 47.53Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 42.15Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.61Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 28.82Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 34.19Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 81.92Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 285.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 166.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 58.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.71Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record