PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Survei pada 3 Industri Perhotelan yang Menyewakan Apartemen di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Survei pada 3 Industri Perhotelan yang Menyewakan Apartemen di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP TINGKAT LIKUIDITAS PERUSAHAAN (Survei pada 3 Industri Perhotelan yang Menyewakan Apartemen di Bandung)
Author: Agustiana, Ulfa
Abstract: Salah satu sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia adalah sektor pariwisata. Salah satu faktor utama yang paling penting dan berpengaruh terhadap perkembangan dan peningkatan sektor pariwisata industri perhotelan. Untuk menghindari adanya suatu resiko yang tidak diinginkan berupa tunggakan pembayaran tagihan-tagihan melebihi jangka waktu yang telah ditetapkan, maka perusahaan harus bisa mengelola perputaran piutang baik agar tingkat likuiditas perusahaan tetap dapat dipertahankan dan berada dalam kondisi yang baik. Berdasarkan uraian tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian dalam bidang industri perhotelan khususnya mengenai “Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Perusahaan (Survei pada 3 Industri Perhotelan yang Menyewakan Apartemen di Bandung).” Lokasi penelitian dalam penyusunan skiripsi ini adalah Grand Setiabudi Hotel & Apartment, Cherry Homes Hotel & Residence dan The Royal Hotels & Apartments, yang berada di Bandung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyusun, menganalisa dan menginterpretasikan data. Sedangkan hipotesis yang penulis rumuskan, yaitu: “Adanya Pengaruh Perputaran Piutang Terhadap Tingkat Likuiditas Perusahaan.” Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan metode statistik yaitu teknik korelasi product moment perputaran piutang dengan tingkat likuiditas current ratio diperoleh nilai rxy = -0,74 dan untuk tingkat likuiditas quick ratio diperoleh nilai rxy = 0,69. Prosentase pengaruh perputaran piutang terhadap tingkat likuiditas perusahaan dengan analisis koefisien determinasi diperoleh Kd = 54,76% untuk perputaran piutang dengan tingkat likuiditas current ratio dan Kd = 47,61% untuk perputaran piutang dengan tingkat likuiditas quick ratio. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan t hitung diperoleh -1,26 untuk perputaran piutang dengan tingkat likuiditas current ratio, dan untuk perputaran piutang dengan tingkat likuiditas quick ratio diperoleh t hitung sebesar 2,54. Dengan α = 5% dan df = n-2 didapat t tabel sebesar 2,365, sehingga untuk untuk perputaran piutang dengan tingkat likuiditas quick ratio H0 ditolak dan Ha diterima karena t hitung > t tabel. Hal ini berarti, dengan menggunakan tingkat likuiditas quick ratio hipotesis “Perputaran piutang mempunyai pengaruh terhadap tingkat likuiditas perusahaan” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7082
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 25.45Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 67.66Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 148.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 163.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 266.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 94.83Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 43.87Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record