PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Widyatama Repository

PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Show full item record

Title: PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP RETURN SAHAM PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Author: Chandrawati, Sisilia
Abstract: Dalam upaya menghadapi persaingan dan untuk mendorong perusahaan agar menjadi besar serta mampu memperoleh laba, maka dibutuhkan berbagai usaha untuk memperoleh dana yang sangat besar. Salah satu usaha tersebut adalah peningkatan investasi (pembentukan modal) dengan cara menerbitkan saham perusahaan dan melakukan penjualan saham pada masyarakat. Investasi yang diinginkan oleh investor adalah investasi pada perusahaan yang menunjukkan perkembangan yang baik dan menghasilkan keuntungan (Return) dengan risiko yang rendah. Adanya fluktuasi harga saham jelas akan menghasilkan Return saham yang besar dan Return saham yang kecil. Besar kecilnya Return saham tersebut menjadi masalah bagi para investor dalam menanamkan investasinya. Faktor yang dapat memperumit masalah ini adalah kecenderungan investor terhadap fluktuasi harga saham yang mendadak dan substansial sebagai indikator perubahan masa depan emiten. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan variabel – variabel yang mempengaruhi Return saham dan untuk mengetahui pengaruh Return on Assets dan Return On Equity terhadap Return Saham Perusahaan Ritel Tahun 2004 – 2007. Dimana Return on Assets sebagai XB1B, Return On Equity sebagai XB2 Bdan Return saham sebagai Y. Populasi penelitian ini terdiri dari 10 perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), sampel yang dipilih sebanyak 6 perusahaan yaitu perusahaan yang menghasilkan profit selama 4 tahun berturut – turut yaitu dari kurun waktu tahun 2004 – 2007. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, sedangkan metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu menggunakan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel berdistribusi normal dan persamaan regresi telah memenuhi uji asumsi klasik. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan taraf nyata 5%, maka dapat disimpulkan bahwa Return on Assets dan Return On Equity baik secara simultan atau parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan/positif terhadap Return saham pada perusahaan ritel. Diperoleh koefisien determinasi perusahaan ritel untuk model pengaruh Return on Assets dan Return On Equity secara bersama – sama terhadap Return saham adalah 77% dan kontribusi pengaruh faktor – faktor lain di luar ketiga faktor yang diteliti adalah 23%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7072
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.43Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 69.90Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.01Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 73.50Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 73.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 68.48Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 68.23Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 68.21Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 133.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 143.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 72.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 75.93Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record