MANFAAT KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PT INTI (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

MANFAAT KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PT INTI (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: MANFAAT KUALITAS LAPORAN KEUANGAN DI DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Kasus pada PT INTI (Persero) Bandung)
Author: Prasojo, Singgih Satrio
Abstract: Laporan keuangan merupakan sarana utama bagi perusahaan untuk mengkomunikasikan keadaan keuangan perusahaan pada pihak luar perusahaan. Dalam menilai kinerja perusahaan, investor harus senantiasa berusaha untuk dapat menganalisis kemampuan keuangan perusahaan, untuk itu investor dapat memanfaatkan informasi yang tertera dalam laporan keuangan. Permasalahan yang terkandung didalam aspek pengelolaan keuangan perusahaan oleh manajemen adalah adanya masalah akuntabilitas kepada stakeholders. Akuntabilitas diperlukan untuk mengetahui pelaksanaan program-program manajemen, yang akan ditinjau dari aspek ketaatan pada peraturan efisiensi dan efektivitasnya. Corporate Governance adalah suatu sistem yang mengatur bagaimana suatu korporasi untuk dioperasikan atau diawasi. Sistem ini mengatur dengan tegas dan jelas apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pihak-pihak yang terkait dalam pelaksanaan suatu korporasi bisnis, seperti dewan komisaris, dewan direksi, manajemen, pemegang saham, dan para stakeholders lainnya. Penerapan praktikpraktik pengelolaan perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) akan menciptakan insentif internal yang efektif bagi manajemen perusahaan dan penggunaan sumber daya yang efisien, sehingga mendorong terbentuknya kepercayaan investor, dan masuknya arus modal yang mendorong pulihnya perekonomian, baik secara makro maupun secara mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari kualitas laporan keuangan didalam mewujudkan Good Corporate Governance. Objek dari penelitian yang penulis lakukan adalah kualitas laporan keuangan dan Good Corporate Governance. Adapun penelitian ini dilakukan pada PT INTI (Persero) Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, dengan cara mengumpulkan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui wawancara serta penyebaran kuesioner. Hasil penelitian tersebut dianalisis dan dibandingkan dengan teori yang relevan. Kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil penelitian dan kuesioner yang disebarkan mendapatkan hasil perhitungan 78%, artinya laporan keuangan yang dihasilkan bermanfaat di dalam mewujudkan Good Corporate Governance.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7071
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.33Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.77Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.53Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 51.67Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 33.37Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 33.37Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 33.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.01Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 150.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.80Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 109.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.53Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 38.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record