PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi Kasus pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd.)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi Kasus pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd.)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN (Studi Kasus pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd.)
Author: Sherlyana
Abstract: Sistem pengendalian manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan aktivitas suatu perusahaan. Dalam Pelaksanaan sistem pengendalian manajemen di perusahaan bisa saja terjadi penyimpangan atau kekeliruan apabila sistem pengendalian manajemen kurang diawasi dengan baik. Dalam mengendalikan sistem pengendalian manajemen diperlukan adanya peranan controller dalam perusahaan. Controller bertanggung jawab atas pembuatan sistem di perusahaan dan juga atas pelakasanaan sistem pengendalian manajemen tersebut. Penulis melakukan penelitian pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd yang berlokasi di wisma 46- Kota BNI, 21st fl Jl. Jend. Sudirman Kav 1 Jakarta. Tujuan dilaksanakannya sistem pengendalian manjemen adalah untuk membantu manajemen dalam alokasi sumber daya dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran organisasi dan mengetahui keefektifan sistem pengendalian manajemen pada perusahaan. Hipotesis yang diuji dalam penulisan skripsi ini adalah “Controller yang memadai dapat berperan dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian manajemen”. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menggambarkan secara rinci dan sistematis mengenai kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan obyek penelitian berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh, kemudian menganalisa hubungan sebab akibat yang terjadi dari masing-masing variable untuk memperoleh suatu kesimpulan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian lapangan yaitu kuesioner, wawancara, observasi dan melalui studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan yaitu sistem pengendalian manajemen pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd telah efektif dan controller berperan dalam dalam menunjang efektivitas sistem pengendalian manajemen pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd. Penulis mengajukan saran antara lain, perusahaan diharapkan dapat mempertahankan penerapan sistem pengendalian manajemen dan mempertahankan kinerja controller yang sudah baik. Diharapkan dengan penerapan sistem pengendalian manajemen yang baik dapat mendukung peningkatan kinerja karyawan. Dan sebaiknya perusahaan meningkatkan profesionalisme dengan mempengaruhi karyawan untuk menaati segala peraturan dan prosedur pada TAC Pertamina-Elnusa Tristar Ramba Ltd dengan dikenai sanksi atau hukuman yang tegas bagi karyawan yang tidak menaatinya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7069
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 31.53Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 38.48Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 65.14Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 160.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 215.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 129.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 47.64Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.12Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record