PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BAGI MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT.PLN (Persero) UPT Garut)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BAGI MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT.PLN (Persero) UPT Garut)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN GAJI DAN UPAH SEBAGAI ALAT BAGI MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBAYARAN GAJI DAN UPAH (Studi kasus pada PT.PLN (Persero) UPT Garut)
Author: Yulianti, Rina
Abstract: Gaji dan upah merupakan bentuk kompensasi finansiil yang dibayar oleh perusahaan kepada para pegawainya atas jasa yang diberikan oleh para pegawai kepada perusahaan. Pembayaran gaji dan upah memerlukan perencanaan dan pengendalian yang baik. Hal ini disebabkan karena biaya gaji dan upah merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk keperluan tenaga kerja yang merupakan salah satu faktor produksi yang utama dan selalu ada dalam perusahaan. Masalah gaji dan upah merupakan hal yang kritis dan sensitif, karena mencakup jumlah yang materiil. Biaya gaji dan upah yang dikeluarkan oleh perusahaan cukup besar, sehingga perlu penyusunan dan penggunaan anggaran yang cukup baik untuk menghindari terjadinya pemborosan dan kecurangan dalam pembayaran gaji dan upah. Berdasarkan uraian di atas, penulis melakukan penelitian dengan judul : “Peranan Anggaran Gaji dan Upah Sebagai Alat Bagi Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Pembayaran Gaji dan Upah”. Perusahaan yang dijadikan objek penelitian adalah PT PLN (Persero) UPT Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara pengamatan langsung terhadap sumber data yang akan dianalisis dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan kuesioner. Dari data yang diperoleh, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dan dianalisis dengan menggunakan rank spearman dan koefisien determinasi. Dengan analisis rank spearman sebesar 0,872, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat erat antara anggaran gaji dan upah dengan efektivitas pembayaran gaji dan upah. Untuk koefisien determinasi sebesar 76,03% menunjukkan besarnya peranan anggaran gaji dan upah terhadap efektivitas pembayaran gaji dan upah. Selain itu untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, menunjukkan ditolaknya hipotesis nol. Berdasarkan hasil pengujian statistik tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan positif yang signifikan yaitu sebesar 0,872 antara peranan anggaran gaji dan upah dengan efektivitas pembayaran gaji dan upah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7068
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 113.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 100.8Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 158.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 245.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 314.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 542.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 102.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record