PENGARUH PENERAPAN BALANCED SCORECARD TERHADAP EFEKTIFITAS SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN BALANCED SCORECARD TERHADAP EFEKTIFITAS SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pindad (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN BALANCED SCORECARD TERHADAP EFEKTIFITAS SISTEM PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pindad (Persero) Bandung)
Author: Hariansyah, Rian
Abstract: Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Tujuan penggunaan metode Balanced Scorecard adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu: perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Dari permasalahan yang sebelumnya telah diungkapkan, penulis mencoba untuk melakukan penelitian pada PT. PINDAD (Persero). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan balance scorecard di PT. PINDAD (Persero), untuk mengetahui efektifitas sistem pengukuran kinerja perusahaan di PT. PINDAD (Persero), dan untuk mengetahui pengaruh penerapan balance scorecard terhadap efektifitas sistem pengukuran kinerja perusahaan di PT. PINDAD (Persero). Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian studi kasus pada PT. PINDAD (Persero) dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki untuk memaparkan dan menggali variabel-variabel yang berhubungan, sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kausalitas antar variabel melalui suatu pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat dikatakan bahwa penerapan balance scorecard di PT. PINDAD (Persero) secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dan sistem pengukuran kinerja perusahaan di PT. PINDAD (Persero) secara keseluruhan telah dilaksanakan secara efektif. Selanjutnya, penerapan Balance Scorecard dengan efektivitas sistem pengukuran kinerja perusahaan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan arah hubungan positif. Penerapan Balance Scorecard berpengaruh dalam menunjang efektivitas sistem pengukuran kinerja perusahaan sebesar 27.67%, dan sisanya sebesar 72.33% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Pengujian hipotesis, diperoleh nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2.230 > 2.160, maka H0 ditolak. Artinya, penerapan Balance Scorecard berpengaruh terhadap terhadap efektivitas sistem pengukuran kinerja perusahaan
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7064
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 68.13Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 108.0Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 100.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 92.73Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 101.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 95.83Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 94.61Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 74.55Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 152.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 294.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 294.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 230.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 92.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 103.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record