PERANAN AUDIT OPERASIONAL PENJUALAN DALAM MENUNJANG PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. Agro Nandini Perdana )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL PENJUALAN DALAM MENUNJANG PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. Agro Nandini Perdana )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL PENJUALAN DALAM MENUNJANG PENINGKATAN EFEKTIVITAS PENJUALAN ( Studi kasus pada PT. Agro Nandini Perdana )
Author: Sudiar, Rezza Octaviani
Abstract: Penjualan merupakan aktivitas yang sangat penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Karena dengan adanya kegiatan penjualan tersebut terbentuklah laba yang dapat menjamin kontinuitas perusahaan. Dengan demikian semakin berkembangnya suatu perusahaan, semakin bertambah pula masalah yang dihadapi perusahaan. Pimpinan sulit untuk mengawasi seluruh kegiatan perusahaan secara langsung. Meskipun demikian pimpinan tetap harus dapat mengetahui masalah-masalah yang terjadi di dalam perusahaan, sehingga bila timbul masalah dapat segera dicari penyebabnya. Selain itu manajemen juga memerlukan suatu alat untuk mengevaluasi kegiatannya dan memberikan cara pemecahan bila ditemukan adanya kelemahan atau kecurangan. Alat ini juga harus dapat memberikan rekomendasi untuk dilakukannya tindakan korektif . Adapun alat bantu yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah audit operasional. Dengan dilakukannya audit operasional, perusahaan diharapkan dapat menunjang efektivitas bagian yang diauditnya, sehingga dapat diberikan saran dan rekomendasi perbaikan dari penyimpangan yang terjadi. Berdasarkan permasalahan di atas penulis mencoba melakukan penelitian pada PT. Agro Nandini Perdana yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul : “Peranan Audit Operasional Penjualan dalam Menunjang Peningkatan Efektivitas Penjualan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan audit operasional atas aktivitas penjualan pada PT. Agro Nandini Perdana telah efektif, untuk mengetahui Apakah kegiatan penjualan yang dilaksanakan oleh PT. Agro Nandini Perdana telah efektif,dan untuk mengetahui bagaimana peranan audit operasional penjualan dalam menunjang tercapainya efektivitas penjualan. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu suatu metode yang digunakan untuk memberikan gambaran tentang audit operasional atas penjualan. Untuk memperoleh data primer penulis melakukan penelitian langsung pada PT. Agro Nandini Perdana, dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan atas literature yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, penulis dapat menyimpulkan bahwa audit operasional atas penjualan yang dilaksanakan PT. Agro Nandini Perdana sudah berperan dalam menunjang efektivitas penjualan. Audit operasional dilakukan auditor internal yang didukung dengan kualifikasi yang memadai serta telah dilaksanakannya tahap-tahap audit operasional yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap audit mendalam, dan tahap pelaporan. Dari audit operasional dan analisis yang dilakukan penulis, aktivitas penjualan perusahaan pada tahun 2005 dan 2006 sudah efektif, hal ini dapat dibuktikan dengan target penjualan yang dicapai pada tahun 2005 sebesar 105,71% dan pada tahun 2006 sebesar 86,56% Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan penulis yaitu “Peranan Audit Operasional Penjualan dalam Menunjang Peningkatan Efektivitas Penjualan”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7063
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 37.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 48.77Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 49.64Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 60.79Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 52.95Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 60.22Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 52.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 84.52Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 170.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 97.55Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 131.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 62.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 62.69Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record