ANALISIS MANFAAT SETELAH PENGUMUMAN STOCK SPLIT UNTUK MENGIDENTIFIKASIKAN LIKUIDITAS SAHAM (Survei pada 45 saham unggulan di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2006)

Widyatama Repository

ANALISIS MANFAAT SETELAH PENGUMUMAN STOCK SPLIT UNTUK MENGIDENTIFIKASIKAN LIKUIDITAS SAHAM (Survei pada 45 saham unggulan di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2006)

Show full item record

Title: ANALISIS MANFAAT SETELAH PENGUMUMAN STOCK SPLIT UNTUK MENGIDENTIFIKASIKAN LIKUIDITAS SAHAM (Survei pada 45 saham unggulan di Bursa Efek Jakarta periode 2003-2006)
Author: Mulyana, Putri Nur Aprilia
Abstract: Likuiditas saham di pasar modal merupakan salah satu indikator untuk menilai baik buruknya kinerja suatu perusahaan. Para investor akan cenderung menahan saham yang kinerja perusahaannya baik, sedangkan banyak investor lain yang menginginkan saham tersebut, sehingga saham tersebut tidak sering ditransaksikan. Hal tersebut dapat menyebabkan turunnya likuiditas saham. Perusahaan melakukan stock split untuk merangsang pasar agar lebih efektif. Penelitian ini difokuskan pada perusahaan yang terdaftar dalam kelompok saham unggulan atau LQ-45 yang mempunyai pengaruh terhadap kinerja bursa modal dalam hal ini Bursa Efek Jakarta, sehingga dengan melihat indeks ini investor dan pengamat pasar modal mendapatkan informasi kinerja bursa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dan analisis statistik dengan menggunakan software SPSS versi 13.00 yang digunakan dalam pengolahan data. Analisis data yang digunakan adalah statistik uji beda rata-rata untuk dua sampel yang berhubungan atau berpasangan (paired sample t-test) yaitu data volume perdagangan dan harga Bid_Ask Spread 5 hari sebelum dan 5 hari setelah pengumuman stock split. Dengan jumlah perusahaan atau emiten yang diambil sebagai sampel penelitian ini sebanyak 6 emiten atau perusahaan yang sahamnya terdaftar dalam kelompok 45 saham unggulan atau lebih dikenal dengan nama LQ-45. Dimana teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling dengan kriteria perusahaan atau emiten yang terdaftar pada LQ-45 selama periode penelitian. Setelah dilakukan uji statistik didapatkan hipotesis bahwa stock split mempunyai pengaruh positif terhadap likuiditas saham, likuiditas saham setelah pengumuman stock split lebih tinggi atau naik daripada likuiditas saham sebelum stock split, kenaikan likuiditas ini sangat terlihat sehari sampai dua hari setelah pengumuman stock split namun untuk hari seterusnya likuiditas saham akan kembali stabil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan likuiditas saham setelah dilakukannya stock split.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7057
Date: 2007


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.11Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 36.25Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.81Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 30.82Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 25.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 69.09Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 122.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 86.03Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.06Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.75Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record