ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Kurnia Aneka Gemilang, Medan)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Kurnia Aneka Gemilang, Medan)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT Kurnia Aneka Gemilang, Medan)
Author: Yustian, Okky Rizkia
Abstract: Di era globalisasi saat ini, banyak perusahaan menggunakan pengukuran kinerja dengan menitikberatkan hanya pada sisi keuangannya saja, sedangkan sisi keuangan dipandang tidak dapat memadai sebagai ukuran kinerja karena dianggap sudah tidak akurat lagi didalam memberikan penilaian terhadap perkembangan perusahaan. Ini disebabkan karena pengukuran kinerja perusahaan memiliki kelemahan yaitu ketidakmampuan untuk mengukur kinerja aktiva-aktiva intelektual perusahaan yang berupa sumber daya manusia di dalam perusahaan itu sendiri. Sistem manajemen tradisional hanya mengukur kinerja suatu perusahaan berdasarkan satu perspektif, yaitu keuangan. Pada perspektif tradisional cenderung mengandalkan pengkuran keuangan jangka pendek sebagai suatu indikator kinerja perusahaan dan pengukuran dengan cara ini dibentuk hanya berkisar tentang ukuran dan target keuangan yang tidak mempunyai hubungan dengan kemajuan perusahaan dalam mencapai tujuan jangka panjang. Dalam skripsi ini penulis menganalisis penerapan balanced scorecard untuk mengukur kinerja PT Kurnia Aneka Gemilang, Medan. Balanced Scorecard memiliki keistimewaan karena mengukur kinerja perusahaan baik dari sisi keuangan maupun non keuangan, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan objek yang diteliti berdasarkan fakta-fakta yang ada dengan cara mengumpulkan, mengolah, menyajikan serta menganalisis berbagai data yang ditemukan. Pendekatan penelitian yang digunakan penulis adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan balanced scorecard untuk mengukur kinerja PT. Kurnia Aneka Gemilang, Medan menunjukan kinerja keuangan yang cukup baik dan kinerja non keuangan yang lebih baik dari tahun ke tahun, hal tersebut nampak dari peningkatan rasio-rasio keuangan, peningkatan pangsa pasar dan peningkatan pelanggan. Untuk meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan di masa yang akan datang sebaiknya perusahaan meningkatkan kinerja keuangannya dengan melakukan hal-hal perbaikan untuk menjadikan rasio-rasio keuangan menjadi lebih baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7055
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 45.17Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.41Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.98Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 179.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 82.57Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 110.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.56Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record