PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD ORGANIZATION GOVERNANCE (Survei Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD ORGANIZATION GOVERNANCE (Survei Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD ORGANIZATION GOVERNANCE (Survei Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Di Bandung)
Author: Partiwi, Nala Fitriani
Abstract: Indonesia merupakan negara dengan masyarakat muslim terbesar di dunia tentu memiliki potensi dana zakat yang sangat besar. Namun kenyataan menunjukkan bahwa pengumpulan zakat yang terdata melalui lembaga pengelola zakat masih sangat rendah dari potensi zakat yang ada. Hal ini kemungkinan akibat kurangnya kesadaran tentang kewajiban membayar zakat dan kepercayaan yang rendah terhadap lembaga amil zakat sehingga para muzakki lebih memilih langsung membayar kepada para mustahik. Untuk mengoptimalkan pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat dibutuhkan adanya pengelola zakat (amil) yang profesional kebutuhan lembaga amil zakat akan pengendalian intern adalah sesuatu hal yang wajar karena dengan adanya pengendalian intern yang baik merefleksikan adanya praktik manajemen yang baik pula. Adanya praktik manajemen yang baik akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga amil zakat. Penelitian yang berjudul PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD ORGANIZATION GOVERNANCE (survei pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Bandung) ini dilakukan dengan maksud untuk menganalisis dan menjelaskan bagaimana besarnya pengaruh pengendalian internal pendayagunaan zakat terhadap efektifitas implementasi prinsip-prinsip good organization governance. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh positif terhadap efektifitas implementasi prinsipprinsip good organization governance dengan diterapkannya pengendalian intern pendayagunaan zakat. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa survei pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Bandung dengan membagi kuesioner yang dilakukan dari tanggal 18 Desember 2007 sampai dengan tanggal 8 Februari 2008. Jumlah LAZ yang dapat diteliti sebanyak 5 LAZ dari 8 LAZ yang ada di Bandung, 3 LAZ menolak untuk diteliti. Penulis menggunakan metode deskriftif. Data juga diperoleh melalui riset kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder yang digunakan sebagai landasan teori. Dari hasil pengujian, diketahui bahwa pengendalian internal pendayagunaan zakat di LAZ telah memadai dan LAZ telah efektif dalam implementasi prinsip-prinsip good organization governance. Maka dengan demikian, pengendalian internal pendayagunaan zakat memiliki pengaruh yang kuat dan positif terhadap implementasi good organization governance. Sehingga hipotesis yang penulis tetapkan yaitu “Terdapat pengaruh positif antara pengendalian internal pendayagunaan zakat dengan efektifitas implementasi prinsip-prinsip good organization governance”, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7051
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 9.594Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.95Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 70.76Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 58.14Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 99.93Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.15Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record