PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SKALA MIKRO (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ciumbuleuit Cabang Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SKALA MIKRO (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ciumbuleuit Cabang Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT SKALA MIKRO (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Unit Ciumbuleuit Cabang Bandung)
Author: Mufti, Muhamad Iqbal Aji
Abstract: Salah satu usaha dari bank adalah memberikan kredit kepada masyarakat. Pemberian kredit oleh bank mengandung risiko kegagalan atau kemacetan dalam hal pelunasannya, sehingga sangat berpengaruh terhadap kesehatan bank itu sendiri. Oleh karena itu perbankan Indonesia sebaiknya memperhatikan prosedur dan persyaratan kredit yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semakin tingginya tingkat persaingan antar bank dan risiko perkreditan, menyebabkan pihak manajemen perlu menerapkan suatu pengendalian intern yang memadai. Pengendalian intern yang memadai pada dasarnya bertujuan untuk melindungi harta milik perusahaan dengan meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyelewengan, pemborosan, kemacetan kredit serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Dengan dilakukan pengendalian intern yang memadai maka diharapkan proses pemberian kredit dapat berjalan dengan lancar, aman dan cepat. Tercapainya tujuan pengendalian intern tidak terlepas dengan terdapatnya komponen-komponen pengendalian intern yaitu lingkungan pengendalian, penaksiran risiko oleh manajemen, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta kegiatan pemantauan. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai peranan pengendalian intern dalam menunjang efektivitas pemberian kredit skala mikro, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah PT. BRI Unit Ciumubuleuit Cabang Bandung, yaitu suatu perusahaan yang bergerak di bidang perbankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti yang empiris mengenai: kememadaian pelaksanaan pengendalian intern yang dilaksanakan pada PT. BRI Unit Ciumbuleuit Cabang Bandung, keefektifan pelaksanaan pemberian kredit skala mikro, peranan pengendalian intern dalam menunjang efektivitas pemberian kredit skala mikro.. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data dan informasi yang diperoleh menunjukkan gambaran umum perusahaan, pelaksanaan pengendalian intern, dan kegiatan pemberian kredit skala mikro yang dilakukan perusahaan. Kemudian penulis melakukan pengujian hipotesis dengan melakukan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat diketahui hasil perhitungan statistik berupa presentase sebesar 88,38% yang menunjukkan hubungan yang kuat (strong association), dengan demikian maka pelaksanaan pengendalian intern berperan dalam menunjang efektivitas pemberian kredit skala mikro.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7049
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.26Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 41.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.92Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 147.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 85.52Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 172.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 49.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.17Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record