ANALISIS KINERJA CALON DEBITUR PERSEROAN TERBATAS DALAM MENENTUKAN JUMLAH MAKSIMUM KREDIT MODAL KERJA YANG DAPAT DIBERIKAN (Studi Kasus Pt. Bank Bri Cabang Pekayon)

Widyatama Repository

ANALISIS KINERJA CALON DEBITUR PERSEROAN TERBATAS DALAM MENENTUKAN JUMLAH MAKSIMUM KREDIT MODAL KERJA YANG DAPAT DIBERIKAN (Studi Kasus Pt. Bank Bri Cabang Pekayon)

Show full item record

Title: ANALISIS KINERJA CALON DEBITUR PERSEROAN TERBATAS DALAM MENENTUKAN JUMLAH MAKSIMUM KREDIT MODAL KERJA YANG DAPAT DIBERIKAN (Studi Kasus Pt. Bank Bri Cabang Pekayon)
Author: Yogaswara, Martin
Abstract: Bagi bank umum, kredit merupakan sumber utama penghasilan, sekaligus sumber resiko operasi bisnis terbesar. Sebagian besar dana operasional bank umum diputarkan dalam bentuk kredit. Dalam menyalurkan dananya, pihak perbankan atau kreditor memiliki syarat tertentu yang harus dipenuhi. Sebelum pinjaman atau kredit dikucurkan, bank terlebih dahulu menganalisis kinerja calon debitur. Dalam melakukan analisis kinerja, ada dua tahap yang diberikan yaitu analisis financial dan non financial. Dalam analisis non financial mengacu kepada analisis 5C, 7P, serta diterapkannya analisis aspek-aspek kredit. Selanjutnya melakukan analisis financial mengacu kepada analisis laporan keuangan perusahaan untuk beberapa periode tertentu, yaitu dengan menilai rasio-rasio. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, sedangkan untuk memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, observasi, dan kuesioner, selain itu juga dilakukan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan membandingkan kinerja perusahaan berupa laporan keuangan perusahaan selama periode tiga tahun dan analisis kuantitatif yaitu analisis rasio dan besar kredit modal kerja dengan penggunaan pendekatan spread sheet. Dari hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa dalam analisis kinerja calon debitur terdapat beberapa prosedur yaitu ; prosedur permohonan kredit, prosedur analisis kredit , prosedur keputusan atas permohonan kredit, dan prosedur pengawasan kredit dan dari hasil perhitungan analisis rasionya, dapat diketahui bahwa ketiga calon debitur memiliki rasio yang cukup baik, sehingga dinyatakan layak untuk menerima kredit modal kerja dengan besaran kredit yang ditentukan oleh PT.Bank BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Pekayon Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa analisis kinerja yang dilakukan oleh PT. Bank BRI (Persero) Tbk Kantor Cabang Pekayon Bekasi telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, salah satunya didukung dengan dilakukannya analisis kredit dengan mengidentifikasi identitas pemohon menggunakan prinsip 5C dan 7P, dan secara keseluruhan analisis financial ketiga calon debitur tersebut cukup baik, dapat dilihat dari laporan keuangan masing-masing perusahaan dan perhitungan rasionya, dan dalam menentukan kredit modal kerja, PT. Bank BRI menggunakan analisis Spread Sheet sebagai alat atau instrument yang digunakan untuk menentukan jumlah maksimum kredit modal kerja yang diberikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7047
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.72Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 82.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 82.54Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 91.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 86.23Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 68.24Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 65.89Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 66.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 131.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 332.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 260.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 233.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 87.63Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 96.00Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record