PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi Kasus pada PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Saguling)

Widyatama Repository

PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi Kasus pada PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Saguling)

Show full item record

Title: PERANAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASIONAL (Studi Kasus pada PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Saguling)
Author: Fikitrasari, Lyra
Abstract: Sejalan dengan perkembangan dunia usaha pada umumnya, maka banyak perusahaan yang berkembang menjadi lebih besar. Sehubungan dengan perkembangan perusahaan tersebut, maka kegiatan-kegiatan yang ada dalam perusahaan tersebut menjadi lebih banyak, baik jenis maupun volume kegiatan. Dengan demikian perencanaan dan pengandalian kegiatan yang dilaksanakan harus memadai. Upaya yang tepat dalam hal ini adalah menyusun sistem perencanaan, pengkoordinasi dan pengendalian yang memadai bagi perusahaan. Karena itu perusahaan diharapkan dapat menyusun perencanaan dengan baik, mengkoordinir kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan serta mengendalikan pelaksanaannya. Anggaran adalah alat yang penting untuk dipergunakan sebagai alat perencanaan, pengkoordinasi dan pengendalian dari seluruh kegiatan yang ada di perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkit Saguling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan anggaran biaya operasional dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif yang bersifat menemukan fakta disertai analisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari, yaitu pendekatan dengan studi kasus, studi lapangan, wawancara,penelitian kepustakaan dan data-data diperoleh melalui kuesioner. Kuesioner yang disebarkan terdiri dari dua variabel, yaitu peranan anggaaran biaya operasional sebagai variabel bebas, dan efektivitas pengendalian biaya operasional sebagai variabel tidak bebas. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan kuat antara peranan anggaran biaya operasional (Variabel X) dengan efektivitas pengendalian biaya operasional (Variabel Y), sebesar 0,618. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi dapat diketahui bahwa besarnya persentase peranan anggaran biaya operasional dalam meningkatkan efektivitas pengendalian biaya operasional sebesar 38,19%. Selain itu untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, menunjukan ditolaknya hipotesis nol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan positif yang signifikan yaitu sebesar 2,834 antara peranan anggaran biaya operasional dengan efektivitas pengendalian biaya operasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7046
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 11.50Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 35.08Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 83.23Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 327.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 177.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 243.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 32.87Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.30Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record