ANALISIS PERBANDINGAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada kelompok industri rokok yang telah Go Public di BEI)

Widyatama Repository

ANALISIS PERBANDINGAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada kelompok industri rokok yang telah Go Public di BEI)

Show full item record

Title: ANALISIS PERBANDINGAN LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada kelompok industri rokok yang telah Go Public di BEI)
Author: Amarilla, Lithia
Abstract: Perkembangan dunia usaha pada saat ini berlangung sangat pesat, dimana banyak bermunculannya perusahaan sejenis mengakibatkan semakin ketatnya persaingan. Agar dapat bertahan atau bahkan mampu berkembang dalam persaingan, perusahaan harus dapat mencermati kondisi dan kinerja perusahaan. Untuk mengetahui kinerja perusahaan, maka dapat dilakukan dengan cara menganalisis laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan merupakan hasil pengumpulan dan pengolahan data keuangan yang sangat berperan dalam membantu para pemakai baik itu investor maupun para pelaku pasar modal lainnya dalam menilai kinerja perusahaan. Salah satu alat analisis laporan keuangan adalah Common Size Financial Statement (bentuk persentase per komponen). Walaupun masih jarang digunakan, namun teknik analisis ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kinerja keuangan suatu perusahaan. Dalam penelitian ini, penulis memilih untuk melakukan penelitian pada perusahaan rokok yang telah Go Public dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan selama kurun waktu empat (4) tahun dari tahun 2004 hingga tahun 2007. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain PT BAT Indonesia Tbk, PT Bentoel Internasional Investama Tbk, PT Gudang Garam Tbk, dan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Dari hasil analisis laporan keuangan menunjukkan adanya perbandingan kinerja perusahaan. PT BAT Indonesia memiliki Neraca yang kurang stabil dan sering menderita kerugian tiap tahunnya. Beban Usaha yang tinggi mengakibatkan Perusahaan sering menderita kerugian. PT Bentoel memiliki Neraca yang tidak seimbang tiap tahunnya. Namun Perusahaan ini cukup efektif dan efisien dalam menjalankan kegiatan operasinya, baik operasi pokok maupun diluar operasi pokok. PT Gudang Garam memperlihatkan keefektifan aktivitas yang tinggi pada setiap rekening-rekeningnya, dimana perubahan-perubahan yang terjadi tidak terlalu signifikan baik pada Neraca, Laporan Laba Rugi, maupun Laporan Arus Kas. PT HM Sampoerna memiliki Neraca yang tidak seimbang tiap tahunnya. Karena tingginya jumlah Kewajiban mengakibatkan perusahaan mengalami penurunan Kas tiap tahunnya. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa, selama jangka waktu empat tahun kinerja terbaik dimiliki oleh PT Gudang Garam Tbk, sedangkan kinerja terburuk dimiliki PT HM Sampoerna Tbk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7045
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.19Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 76.40Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 71.46Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 92.14Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 105.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 82.06Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 72.05Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 301.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 125.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 713.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 82.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 74.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record