PERANAN BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi kasus CV Tunas Warna Cirebon)

Widyatama Repository

PERANAN BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi kasus CV Tunas Warna Cirebon)

Show full item record

Title: PERANAN BIAYA STANDAR BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIFITAS PENGENDALIAN BIAYA BAHAN BAKU (Studi kasus CV Tunas Warna Cirebon)
Author: Budiman, Khoerul
Abstract: Perusahaan didirikan dengan berbagai tujuan diantaranya adalah untuk mencari laba yang maksimum. Untuk memperoleh laba yang maksimum itu perusahaan bias menempuh melalui dua cara yaitu dengan cara meningkatkan jumlah penjualan atau dengan jalan mengendalikan biaya produksi yang merupakan faktor intern perusahaan dari pada meningkatkan jumlah penjualan. Biaya bahan baku pada perusahaan industri, merupakan salah satu unsur penting atu metode penetapan biaya dimuka yang diguna sunan biaya standar bahan baku yang diterapkan diperusahaan, menget biaya standar ah berperan. ari hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa standar biaya bahan baku yang ditetapkan perusahaan berperan sebesar 43.56% dalam efektivitas pengendalian biaya bahan baku, adapun sisanya sebesar 56.44%, dipengaruhi faktor lain. Dengan ukakan, yaitu “Peranan Biaya Standar Bahan Baku dalam Menunjang fektifitas Pengendalian Biaya bahan Baku”, dapat diterima. dalam pembentukan harga pokok produk, maka untuk penangananya diperlukan suatu cara yang baik dan memadai sehingga proses produksi dapat berjalan lancar. Perusahaan harus mengusahakan agar pemakaian bahan baku menjadi terencana dan terkendali dengan baik, untuk itu diperlukan sistem biaya standr yang merupakan salah s kan untuk mengendaliakan biaya. Berdasarkan uraian tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada peusahaan industri anyaman rotan dengn mengambil judul: “Peranan Biaya Standar Bahan Baku dalam Menunjang Efektifitas Pengendalian Biaya bahan Baku”. Untuk memperoleh data yang diperlukan penulis melakukan penelitian pada CV Tunas Warna. Tujuan yang penulis lakukan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui memadai penyu ahui efektifitas pengendalian biaya bahan baku diperusahaan, dan mengetahui peranan biaya standar bahan baku dalam efektivitas pengendalian biaya bahan baku. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif adapun yang menjadi objek penelitiannya adalah “Peranan Bahan Baku dalam Efektivitas Pengendalian Baiay Bahan Baku pada CV Tunas Warna”. Dari hasil penelitian diketahui bahwa standar biaya bahan baku secara keseluruhan telah ditetapkan oleh perusahaaan, kemudian pengendalian biaya bahan baku yang dilakukan perusahaan telah efektif, dan peranan biaya standar pada perusahaan didalam merencanakan biaya standarnya sud D demikian maka hipotesis yang telah penulis kemE
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7043
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 76.03Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 73.02Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 100.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 73.63Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 72.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 101.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 248.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 317.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.346Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 76.50Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 72.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record