PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi pada PT Pupuk Kujang, Cikampek)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi pada PT Pupuk Kujang, Cikampek)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi pada PT Pupuk Kujang, Cikampek)
Author: Sukardi, Isman Rachmattulloh
Abstract: Aktivitas penjualan memegang peranan penting bagi perusahaan karena dari penjualan inilah akan terbentuk pendapatan. Untuk menghasilkan penjualan yang optimal, aktivitas penjualan perlu dikendalikan. Pengendalian penjualan dapat dilakukan dengan menganalisis. Pengendalian penjualan menganalisis aktivitas penjualan yang mengungkapkan perkembangan yang tidak diinginkan untuk memungkinkan diadakan tindakan koreksi. Dalam suatu perusahaan diperlukan suatu bagian yang bersifat independen untuk mengevaluasi kinerja yang dicapai perusahaan. Bagian ini adalah audit internal. Audit Internal dapat menilai semua aktivitas perusahaan ini dapat dilihat dari adanya kedudukan Auditor Internal yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional. Audit Internal juga memberikan bantuan dalam memberikan informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data penjualan yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai peranan audit internal sebagai alat bantu manajemen dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti yang empiris mengenai: kememadaian pelaksanaan audit internal atas penjualan telah dilaksanakan secara memadai, keefektifan pengendalian intern atas penjualan, peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan. Data dan informasi yang diperoleh menunjukan gambaran umum perusahaan, kegiatan audit internal, pengendalian intern dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan. Pengujian hipotesis dengan melakukan analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat diketahui Pelaksanaan audit internal terbukti dapat berperan meningkatkan efektivitas pengendalian di bagian intern penjualan, dengan besar pengaruh sebesar 59,50% dan sisanya sebesar 40,50% merupakan peranan dari variabel lain yang tidak diamati.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7041
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 47.30Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 29.35Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 229.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 453.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 502.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 695.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.80Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 81.55Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record