PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN ANGGARAN BIAYA OPERASI TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN ANGGARAN BIAYA OPERASI TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS PENGENDALIAN ANGGARAN BIAYA OPERASI TERHADAP LABA OPERASI PERUSAHAAN (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) di Bandung)
Author: Korua, Irenne Juniar
Abstract: Anggaran merupakan perencanaan keuangan yang dipakai sebagai dasar pengendalian keuangan perusahaan untuk periode mendatang. Anggaran biaya operasi merupakan alat pengendalian yang sangat penting dan sebagai perencanaan dan pedoman kerja bagi manajemen untuk mengelola kegiatan perusahaan demi mencapai tujuan perusahaan yaitu mencapai laba yang optimal.Dari anggaran tersebut dapat dilihat penyimpangan yang tejadi antara anggaran dan realisasinya.Besar atau kecilnya penyimpangan yang terjadi akan berpengaruh terhadap laba.Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Efektivitas Pengendalian Biaya Operasi terhadap Laba Operasi Perusahaan”. Sesuai dengan judul tersebut permasalahan yang diangkat adalah mengenai efektivitas pengendalian anggaran biaya operasi yang diterapkan oleh perusahaan, berapa besar laba operasi yang diperoleh perusahaan, serta bagaimana pengaruh efektivitas pengendalian anggaran biaya operasi terhadap laba operasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan di PT Pos Indonesia (Persero) di Bandung. Adapun maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mempelajari dan membandingkan antara teori dengan prakteknya mengenai pengaruh efektivitas pengendalian anggaran biaya operasi terhadap laba operasi perusahaan. Operasionalisasi variabel yang digunakan terbagi atas efektivitas pengendalian anggaran biaya operasi sebagai variabel independen dan laba operasi perusahaan sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif analisis. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan, penulis melakukan penelitian lapangan dan kepustakaan. Dalam penelitian lapangan penulis mengumpulkan data primer melalui literatur serta dokumen lain yang telah dipublikasikan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Hipotesis yang diajukan peneliti adalah efektivitas pengendalian berpengaruh signifikan dalam menunjang laba operasi perusahaan. Dari hasil yang dilakukan oleh peneliti, dengan menggunakkan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 0,674 sedangkan ttabel sebesar 2,353 pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian nilai thitung lebih kecil daripada ttabel. Hal ini berarti bahwa secara statistik efektivitas pengendalian anggaran biaya operasi tidak berperan terhadap laba operasi perusahaan. . Efektifitas pengendalian anggaran biaya operasi dapat dilihat dari besarnya penyimpangan yang terjadi antara anggaran biaya operasi dan realisasinya.Semakin kecil penyimpangan yang terjadi,maka semakin efektif pengendalian anggaran biaya operasi. Dan juga semakin kecil penyimpangan yang terjadi, maka akan mengakibatkan peningkatan terhadap laba operasi perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7040
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 29.95Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 48.64Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.53Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.86Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 67.76Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 32.59Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 44.45Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 32.49Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 83.64Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 247.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 157.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 344.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 41.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 43.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record