ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DARI TRANSAKSI LETTER OF CREDIT TERHADAP PENGAKUAN PENDAPATAN PADA LEMBAGA PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank ”X” Tbk)

Widyatama Repository

ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DARI TRANSAKSI LETTER OF CREDIT TERHADAP PENGAKUAN PENDAPATAN PADA LEMBAGA PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank ”X” Tbk)

Show full item record

Title: ANALISIS PERLAKUAN AKUNTANSI DARI TRANSAKSI LETTER OF CREDIT TERHADAP PENGAKUAN PENDAPATAN PADA LEMBAGA PERBANKAN (Studi Kasus Pada Bank ”X” Tbk)
Author: Mutia, Ilma
Abstract: Didalam perusahaan khususnya yang bergerak dalam bidang jasa yaitu perbankan salah satu aktifitas utamanya adalah melakukan usaha menghimpun dana dari masyarakat selain menjalankan kegiatan yang seperti biasanya. Bank juga melakukan transaksi dengan dunia internasional. Hasilnya yang diinginkan oleh perusahaan yang melaksanakan kegiatan jasa adalah mencapai laba atau keuntungan karena bank juga melakukan transaksi dengan dunia luar, maka dalam pengakuan pendapatannya juga perlu diperhatikan perlakuan akuntansi dari transaksi yang dilakukannya. Penulis mengambil topik yaitu “Analisis Perlakuan Akuntansi dari Transaksi Letter Of Credit Terhadap pengakuan pendapatan pada lembaga perbankan”. Permasalahan ini melihat sejauhmana penerapan perlakuan akuntansi terhadap pengakuan pendapatan dari transaksi Letter of Credit. Penulis melakukan penelitian terhadap kegiatan transaksi ekspor-impor pada bagian ekspor-impor disalah satu Bank Swasta yang beralamat di Jalan Lembong Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mempelajari dan menilai perlakuan akuntansi dari transaksi Letter of Credit pada Bank “X”, (2) untuk mengetahui penerapan pengakuan pendapatan dalam hubungannya dengan metode pengakuan pendapatan terhadap pendapatan yang diakui dalam laporan hasil usaha, (3) untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi dari transaksi Letter of Credit terhadap pengakuan pendapatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bank “X” telah berusaha menjalankan ketentuan- ketentuan yang diterapkan oleh Standar Akuntansi Keuangan atas penjabaran mata uang asing. (2) Pengakuan pendapatan yang diterima oleh Bank “X” adalah pada saat terjadinya transaksi. Laporan hasil usaha yang dikeluarkan oleh Bank “X” adalah laporan yang menyajikan posisi keuangan yang tepat dan wajar. (3) Perlakuan akuntansi dari Transaksi Letter of Credit yang diterapkan secara tepat dan konsisten menurut Standar Akuntansi Keuangan akan menghasilkan laporan hasil usaha yang dapat disajikan secara memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7038
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 38.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.51Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 66.33Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 249.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 133.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 201.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.98Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record