MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perum Bulog Subdivisi Regional Indramayu)

Widyatama Repository

MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perum Bulog Subdivisi Regional Indramayu)

Show full item record

Title: MANFAAT ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perum Bulog Subdivisi Regional Indramayu)
Author: Maulana, Harry Indra
Abstract: Dalam perkembangan dunia usaha yang semakin maju, setiap perusahaan perlu berhatihati dalam mengambil keputusan. Keputusan-keputusan yang dibuat itu hendaknya tidak menyimpang dari tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Suatu tujuan akan tercapai jika perusahaan dikelola secara baik sehingga sesuai dengan yang diharapkan, dan itu berarti bahwa penetapan suatu kebijakan dan pengambilan keputusan yang tepat adalah sangat penting. Keputusan dan kebijakan yang diambil haruslah menjadikan perusahaan lebih baik dalam melaksanakan operasinya. Laporan keuangan secara umum dapat memenuhi berbagai kebutuhan pemakai, diantaranya bagi manajemen sebagai alat pertanggung jawaban manajemen kepada pemilik serta menggambarkan tingkat efisiensi dan prestasi manajer dalam mengelola aktivitas perusahaan. Laporan keuangan tersebut dianalisis untuk mengetahui apa arti angka-angka yang tercantum didalamnya sehingga akan dapat diketahui prestasi perusahaan yang telah dicapai dari periode ke periode. Hasil analisis tersebut dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam proses pengambilan keputusan manajemen dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Perum Bulog Sub Divisi Regional Indramayu yang berlokasi di Jl. DI Panjaitan Indramayu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan dilakukan teknik penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan Dari pembahasan hasil analisis diketahui peningkatan dan penurunan kinerja perusahaan dan dari hasil pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa analisis laporan keuangan bermanfaat bagi manajemen dalam meningkakan kinerja perusahaan. Hal tersebut terlihat dari hasil pengujian hipotesis yang menghasilkan presentase sebesar 83.75%. Presentase tersebut menunjukan tingkat efektivitas analisis laporan keuangan dan manfaatnya dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil pembahasan dan pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan bahwa analisis laporan keuangan sangat bermanfaat sebagai alat bantu manajemen dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7036
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 61.01Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 59.44Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 90.38Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 133.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 98.27Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 171.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 62.63Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record