HUBUNGAN PERSEPSI AUDITOR INTERNAL ATAS PENERAPAN KODE ETIK DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN AUDIT (Studi Survei pada Beberapa Bank di Kabupaten Purwakarta)

Widyatama Repository

HUBUNGAN PERSEPSI AUDITOR INTERNAL ATAS PENERAPAN KODE ETIK DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN AUDIT (Studi Survei pada Beberapa Bank di Kabupaten Purwakarta)

Show full item record

Title: HUBUNGAN PERSEPSI AUDITOR INTERNAL ATAS PENERAPAN KODE ETIK DENGAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN AUDIT (Studi Survei pada Beberapa Bank di Kabupaten Purwakarta)
Author: Kharismafuri, Hanny
Abstract: Seorang auditor internal dalam menjalanakan tugas pemeriksaan, dituntut untuk dapat bersikap profesional serta meningkatkan kinerjanya dengan cara meningkatkan efektivitas pelaksanaan audit. Untuk mempertahankan standar yang tinggi mengenai independensi, kompetensi dan profesinya ada suatu ketentuan yang mengatur sikap mental dan moral auditor yaitu kode etik bagi para auditor, sehingga penulis tertarik melakukan penelitian atas masalah-masalah tersebut yang dituangkan dalam penelitian yang berjudul “Persepsi Auditor Internal Atas Penerapan Kode Etik Dengan Efektivitas Pelaksanaan Audit” Penelitian dilakukan pada beberapa bank yang berada di Kabupaten Purwakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai persepsi auditor internal atas penerapan kode etik, efektivitas pelaksanaan audit yang dilakukan oleh auditor internal dan hubungan keduanya yaitu antara persepsi auditor internal atas penerapan kode etik dengan efektivitas pelaksanaan audit. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan survei. Sedangkan untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan bantuan instrumen yang dikembangkan menjadi pertanyaan umum dan khusus dengan skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar diuji dengan menggunakan analisa korelasi Rank Spearman. Dari hasil perhitungan statistik didapat bahwa koefisien korelasi spearman sebesar 0,975 yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara persepsi auditor internal atas penerapan kode etik dengan efektivitas pelaksanaan audit. Sedangkan efektivitas pelaksanaan audit dipengaruhi oleh persepsi auditor internal atas penerapan kode etik pada beberapa bank di Kabupaten Purwakarta sebesar 95% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat thitung sebesar 6,04 lebih besar dari ttabel (4,303), maka hipotesis yang diajukan oleh penulis dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7035
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 121.4Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 98.34Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 103.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 143.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 213.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 163.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 282.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 125.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record