PERANAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SATUAN KERJA PEMERINTAH DAERAH (SKPD) (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PERANAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SATUAN KERJA PEMERINTAH DAERAH (SKPD) (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PERANAN LAPORAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (LAKIP) TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SATUAN KERJA PEMERINTAH DAERAH (SKPD) (Studi Kasus pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat)
Author: Putra, Ferry Ferdian
Abstract: Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah merupakan instrumen pertanggungjawaban yang ada pada pokoknya terdiri dari berbagai indikator dan mekanisme kegiatan pengukuran, penilaian dan pelaporan kinerja secara menyeluruh dan terpadu untuk memenuhi kewajiban suatu instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta misi organisasi. Kinerja merupakan kondisi yang harus diketahui dan diinformasikan kepada pihak-pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu instansi dihubungkan dengan visi yang diemban suatu organisasi serta mengetahui dampak positif dan negatif suatu kebijakan operasional yang diambil. Kinerja dapat digunakan manajemen untuk melakukan penilaian secara periodic mengenai efektifitas operasional suatu organisasi berdasarkan sasaran, standard an kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Berdasarkan hal diatas, penulis melakukan penelitian mengenai “Peranan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah terhadap Peningkatan Kinerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD)”, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, yaitu suatu instansi yang bergerak di bidang kesehatan. Penulisan skripsi ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan, kemudian di analisis dan dibandingkan dengan teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah riset lapangan, melalui observasi, wawancara, mengajukan kuesioner, serta studi kepustakaan untuk memperoleh data sekunder untuk mendukung masalah yang diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) terhadap Kinerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD). Indikator yang digunakan untuk melihat LAKIP adalah mekanisme LAKIP dan isi LAKIP. Sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja satuan kerja pemerintah daerah adalah efisiensi penggunaan sumber daya, kualitas barang/jasa/pelayanan, hasil kegiatan dan efektifitas tindakan. Hasil Analisis atas jawaban responden menunjukan bahwa LAKIP telah dilaksanakan dengan baik dan Kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat adalah baik. Pengujian hipotesis yang ditetapkan dilakukan dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment dan tingkat signifikansi 5% menghasilkan 􀝎􀯦 positif 0,676 dan 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 yaitu 4,103 lebih besar dari 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 2,086 serta koefisien determinasinya 45,69%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peranan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah terhadap peningkatan Kinerja Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat sebesar 45,69% dan 54,31% merupakan peranan variabel lain di luar penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7031
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 99.55Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 121.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 142.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 195.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 275.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 123.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 89.72Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record