PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Survei pada Tiga Bank Syariah)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Survei pada Tiga Bank Syariah)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Survei pada Tiga Bank Syariah)
Author: Nuary, Dian
Abstract: Bank syariah merupakan bank yang dalam aktivitasnya, baik penghimpunan dana maupun dalam rangka penyaluran dananya memberikan dan mengenakan imbalan atas dasar prinsip syariah yaitu jual beli dan bagi hasil. Penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan biasanya mendominasi sebagian besar pengalokasian dana bank. Pembiayaan murabahah merupakan jenis produk yang memiliki porsi terbesar dalam banyak bank syariah. Murabahah ialah akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati oleh penjual (bank syariah) dan pembeli (nasabah). Dalam pemberian pembiayaan terdapat risiko kegagalan dalam memperoleh pembayaran dari nasabah. Pembiayaan bermasalah (non performing financing) murabahah terjadi karena pembayaran angsuran tidak dilaksanakan dengan baik oleh nasabah. Tingkat NPF (Non Performing Financing) yang tinggi pada suatu bank syariah menunjukan kualitas suatu bank yang tidak sehat. Penelitian yang berjudul “Pengaruh tingkat risiko pembiayaan murabahah terhadap tingkat profitabilitas bank syariah” ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan survei. Perusahaan yang menjadi objek penelitian ini adalah tiga buah bank syariah. Data yang digunakan adalah rasio NPF dan rasio ROE dari laporan keuangan per tanggal 31 desember 2004-2006. Media yang digunakan dalam memperoleh laporan keuangan bank syariah adalah melalui jasa pojok BEJ ITB dan internet. Untuk memperkuat hasil analisis, penelitian ini menggunkan uji statistik t. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya hubungan fungsional antara tingkat risiko pembiayaan murabahah dengan tingkat profitabilitas bank syariah. Dalam perhitungan analisis, tingkat risiko pembiayaan murabahah (NPF) merupakan variabel independen (X) dan tingkat profitabilitas (ROE) bank syariah merupakan variabel dependen (Y). Dari hasil perhitungan, diperoleh persamaan regresi Y = 0.0731 – 0.0823X. Lalu dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan statistik uji t yang menghasilkan t hitung = -0.1409, kemudian diperoleh t tabel = 2.3646 dengan α = 0.05 dan df = 7. Menunjukan bahwa Ho diterima karena t hitung berada dalam daerah penerimaan Ho yaitu -2.3646 ≤ -0.1409 ≤ +2.3646. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat risiko pembiayaan murabahah tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profitabilitas bank syariah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7029
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 65.83Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 90.28Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 129.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 300.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 169.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 271.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 82.97Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 78.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record