PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENCEGAH KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) Kantor Cabang Surapati Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENCEGAH KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) Kantor Cabang Surapati Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENCEGAH KECURANGAN (FRAUD) (Studi Kasus pada PT Bank Mandiri Tbk.(Persero) Kantor Cabang Surapati Bandung)
Author: Haryanto, Dhany F. T.
Abstract: Fenomena yang terjadi di industri perbankan terkait dengan lemahnya internal audit. Kecurangan di PT Bank Mandiri Tbk. terjadi karena adanya tekanan untuk melakukan penyelewengan, kesempatan, dan pembenaran terhadap tindakan tersebut. Bentuk kecurangan yang terjadi di PT Bank Mandiri Tbk. ini diantaranya meliputi management fraud. Adanya permasalahan yang perlu dikaji, yaitu keterkaitan antara pemeriksaan intern, dengan sejumlah temuan yang kemungkinan atau dapat diidentifikasi. Penelitian ini berjudul Peranan Audit Internal Dalam Mencegah Kecurangan (Fraud) Pada PT. Bank Mandiri Tbk. (Persero) Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan Audit Internal dan untuk mengetahui peranan Audit Internal dalam pencegahan kecurangan di PT. Bank Mandiri Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Audit Internal pada PT. Bank Mandiri Tbk meliputi Independensi, Kompetensi dan Program Audit Internal. Peranan Audit Internal dalam pencegahan kecurangan di PT. Bank Mandiri Tbk berdasarkan hasil uji korelasi memiliki hubungan sebesar 0.649, yang menunjukkan hubungan yang kuat karena berada pada interval 0.600-0.790. Hasil uji koefisien determinasi audit internal berperan dalam pencegahan kecurangan sebesar 42,12% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji hipotesis nilai thitung = 4,51 lebih besar dari ttabel = 1.701 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hipotesis dapat diterima artinya Audit Internal memiliki peranan dalam mencegah kecurangan (fraud).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7028
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.71Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 113.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 248.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 139.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 197.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.64Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record