PERANAN PENGANGGARAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Kasus UPTD Pendidikan Dasar di Kabupaten Garut)

Widyatama Repository

PERANAN PENGANGGARAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Kasus UPTD Pendidikan Dasar di Kabupaten Garut)

Show full item record

Title: PERANAN PENGANGGARAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (Studi Kasus UPTD Pendidikan Dasar di Kabupaten Garut)
Author: Novalina W., Asti Rosya
Abstract: Pengelolaan Dana Bantuan operasional sekolah merupakan aktivitas yang tak terpisahkan dari pencapaian tujuan sekolah yang diharapkan. Sekolah juga harus mengawasi pengelolaan pembiayaan pendidikan yang dapat meningkatkan efisiensi penyelenggaraan pendidikan dan disesuaikan dengan karakteristik lingkungan pendidikan. juga diharapkan dapat meringankan beban biaya pendidikan murid yang kurang mampu, berasal dari pengalokasian dari anggaran APBN yang diperuntukkan pendidikan tingkat dasar hingga menengah, dan sejak tahun 2005 dana tersebut mulai direalisasikan dengan langsung dikucurkan melalui rekening masing-masing sekolah. Sekolah sebagai suatu entitas organisasi harus mampu mengelola Dana BOS dengan penyusunan anggaran yang baik agar program ini berjalan lancar dan transparan yang dilakukan dengan pengawasan secara efektif dan terpadu. Dana BOS yang diterima sekolah dikelola secara mandiri melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan anggaran dalam menunjang efektivitas program Bantuan Operasional Sekolah pada SD Negeri Kabupaten Garut, mulai dari penyusunan anggaran, realisasi penerimaan dan penggunaan pembiayaan, pembukuan, dan pelaporan pertanggungjawaban. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriftif analitis yaitu metode yang berusaha mengumpulkan data yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, menyajikan dan menganalisisnya sehingga dapat memberikan perbandingan yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti yang kemudian dapat ditarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian lapangan melalui observasi,wawancara, dan kuesioner. Sedangkan penelitian kepustakaan berasal dari literatur yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, diperoleh hasil sebesar 73,17% yang berarti disimpulkan bahwa penyusunan anggaran di Dinas Pendidikan cukup efektif, 70% hasil prosedur pelaksanaan penggunaan anggaran bantuan operasiaonal sekolah cukup efektif. Sebesar 77,77 % anggaran sangat berperan dalam menunjang efektivitas program (BOS) pada Dinas Pendidikan Kabupaten Garut. Berdasarkan hasil perhitungan diatas,hipotesis yang telah penulis kemukakan yaitu “Penganggaran sangat berperan dalam menunjang efektivitas program Bantuan Operasional Sekolah”, diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7024
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 10.01Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.12Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 69.09Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 39.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 73.02Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 268.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 98.94Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 153.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 49.77Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 30.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record