PENGARUH AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN (Studi Kasus pada PT. PINDAD (Persero) Bandung)
Author: Kurniawan, Arif
Abstract: Penjualan merupakan suatu aktivitas utama dalam perusahaan yang perlu diperhatikan dengan serius. Karena dengan adanya penjualan ini, maka perusahaan akan memperoleh laba atau pendapatan untuk kelangsungan hidup perusahaan. Apabila kurangnya pengelolaan dan pengendalian atas aktivitas penjualan, maka hal tersebut akan berpengaruh langsung terhadap tujuan penjualan, yaitu sasaran penjualan tidak tercapai dan pendapatan perusahaan akan menurun dari yang telah direncanakan. Aktivitas penjualan harus dapat direncanakan dan dilaksanakan secara efektif dan seefisien mungkin, agar laba dapat mencapai titik optimal serta perusahaan juga dapat menangani dan mengendalikan aktivitas penjualan dengan baik sejalan dengan semakin berkembangnya perusahaan dan persaingan dalam dunia usaha. Oleh karena semakin kompleksnya aktivitas/kegiatan yang dilakukan, sejalan dengan semakin berkembangnya perusahaan maka diperlukan adanya suatu fungsi atau bagian yang bersifat independen untuk melakukan pengendalian terhadap seluruh aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Bagian tersebut adalah audit internal yang melakukan pengendalian dan pemantauan atas aktiva-aktiva, mencegah terjadinya kecurangan, meminimalisir kesalahan, memverifikasi kebenaran dan akurasi data-data akuntansi, dan memastikan bahwa peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan dijalankan sebagaimana mestinya. Audit internal dapat menilai seluruh aktivitas/kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, karena kedudukan auditor internal yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional. Audit internal juga memberikan bantuan dalam memberikan informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data penjualan dan rekomendasi-rekomendasi atau saran yang berguna untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai pengaruh audit internal dalam menunjang efektivitas penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan audit internal yang dilaksanakan pada PT. PINDAD (Persero), keefektifan atas aktivitas penjualan yang dilakukan oleh perusahaan, dan pengaruh audit internal dalam menunjang efektivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan studi kasus. Data dan informasi yang diperoleh menunjukkan gambaran umum perusahaan, kegiatan audit internal, dan kegiatan penjualan yang dilakukan perusahaan. Kemudian penulis melakukan pengujian hipotesis dengan melakukan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh nilai koefisien korelasi pearson product moment sebesar 0,513 yang menunjukkan hubungan yang sedang, dengan demikian maka audit internal berpengaruh dalam menunjang efektivitas penjualan sebesar 26,32%, sedangkan 73,68% merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak penulis teliti.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7023
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.57Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 72.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 88.35Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 129.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 198.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 319.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 76.20Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 71.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record