INDIKATOR TERJADINYA FINANCIAL REPORTING FRAUD DAN PENYELESAIANNYA MENURUT PERSPEKTIF AUDITOR INDEPENDEN (Survey pada 14 KAP di Bandung)

Widyatama Repository

INDIKATOR TERJADINYA FINANCIAL REPORTING FRAUD DAN PENYELESAIANNYA MENURUT PERSPEKTIF AUDITOR INDEPENDEN (Survey pada 14 KAP di Bandung)

Show full item record

Title: INDIKATOR TERJADINYA FINANCIAL REPORTING FRAUD DAN PENYELESAIANNYA MENURUT PERSPEKTIF AUDITOR INDEPENDEN (Survey pada 14 KAP di Bandung)
Author: Hardiyanto, Andhika Adikhrisna
Abstract: Sudah menjadi pemahaman yang memasyarakat bahwa seorang auditor khususnya auditor eksternal (independen), merupakan orang yang serba tahu termasuk dalam mengetahui apakah dalam suatu perusahaan telah terjadi fraud (kecurangan) atau tidak. Salah satu dasar yang sering digunakan oleh auditor dalam menetapkan standar guna mendeteksi fraud adalah SPAP (Standar Prosfesi Akuntan Publik), yang memuat PSA No.70 mengenai Pertimbangan atas Kecurangan dalam Audit Laporan Keuangan. PSA No.70 tersebut memberikan panduan bagi auditor untuk memenuhi tanggung jawabnya sebagai auditor, yang berkaitan dengan kecurangan, dalam audit terhadap laporan keuangan yang dilaksanakan berdasarkan standar auditing yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia. Jika kita merujuk pada SPAP (PSA No.70) di dalamnya memuat informasi mengenai fraud guna membantu auditor dalam memahami baik jenis maupun karakteristik dari fraud. Agar nantinya jika ditemukan kecocokan dengan karakteristik fraud dapat dinyatakan bahwa itu adalah fraud. Berdasarkan pemikiran itulah penulis mengambil suatu kesimpulan bahwa pastilah terdapat indikator-indikator terjadinya fraud terutama dalam laporan keuangan dan selanjutnya pasti terdapat tindakan dari auditor guna menyelesaikan permasalahan fraud tersebut. Untuk membuktikan kesimpulan tersebut kemudian penulis melakukan penelitian mengenai fraud pada laporan keuangan. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode analisis deskriptif dan untuk mengumpulkan data digunakan studi lapangan dan studi kepustakaan. Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung hasil penelitian dan diperoleh rata-rata nilai jawaban kuesioner untuk variabel satu adalah 319,50 atau sebesar 79,88% dari nilai skor maksimum, dan rata-rata nilai jawaban kuesioner untuk variabel dua adalah 52,12 atau sebesar 80,18% dari nilai skor maksimum . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa dalam menunjang proses audit dan agar lebih cepat dalam mendeteksi fraud, maka dapat menggunakan indikator fraud (tanda-tanda terjadinya fraud), dan setelah diketahui permasalahan tersebut maka akan dilakukan beberapa tindakan dari auditor independen guna menyelesaikan permasalahan fraud tersebut.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7012
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 111.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 51.69Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 58.92Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 62.53Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.62Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 86.59Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 323.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 93.02Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 244.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.69Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 55.54Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record