HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DENGAN TINGKAT PEROLEHAN LABA ( Studi Kasus pada PT.Pindad Bandung )

Widyatama Repository

HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DENGAN TINGKAT PEROLEHAN LABA ( Studi Kasus pada PT.Pindad Bandung )

Show full item record

Title: HUBUNGAN ANTARA PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DENGAN TINGKAT PEROLEHAN LABA ( Studi Kasus pada PT.Pindad Bandung )
Author: Sari, Amalia Maya
Abstract: Penelitian ini dilakukan pada PT Pindad yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pelaksanaan anggaran biaya dengan tingkat perolehan laba serta apakah kedua variabel tersebut, yaitu Pelaksanan Anggaran Biaya sebagai variabel bebas dan Tingkat Perolehan Laba sebagai variabel terikat mempunyai pengaruh yang signifikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif Analitis dengan pendekatan Studi Kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Penelitian Lapangan ( dengan cara wawancara dan dokumentasi) dan Penelitian Kepustakaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode statistik Analisis Korelasi Pearson, Koefisien Determinasi, Analisis Regresi dan Statistik uji t, dapat diketahui bahwa ada atau terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pelaksanaan anggaran biaya dengan tingkat perolehan laba. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa anggaran biaya produksi yang disusun oleh PT.Pindad telah memadai yang meliputi karakteristik penyusunan anggaran, prosedur penyusunan anggaran dan syarat-syarat penyusunan telah dilaksanakan dengan baik. Data yang diperoleh, kemudian melakukan pengujian hipotesis dan analisis dengan menggunakan analisis korelasi pearson dan koefisien determinasi. Dengan analisis korelasi sebesar 0,85, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara anggaran biaya dengan tingkat perolehan laba dan sifat hubungannya searah ( karena bertanda positif ).untuk koefisien determinasi sebesar 72,25% dimana menunjukkan besarnya pengaruh efektivitas pelaksanaan anggaran biaya terhadap tingkat perolehan laba pada PT.Pindad yang cukup besar dan signifikan. Sedangkan 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selain itu untuk pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, menunjukkan ditolaknya hipotesis nol. Berdasarkan hasil pengujian statistik tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara biaya produksi dengan tingkat perolehan laba.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7011
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 94.72Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 105.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 118.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 121.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 148.3Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 272.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 235.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 514.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 139.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 106.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record