STUDI PERBANDINGAN LIKUIDITAS, RENTABILITAS, DAN MODAL ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Survey pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Konvensional)

Widyatama Repository

STUDI PERBANDINGAN LIKUIDITAS, RENTABILITAS, DAN MODAL ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Survey pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Konvensional)

Show full item record

Title: STUDI PERBANDINGAN LIKUIDITAS, RENTABILITAS, DAN MODAL ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL (Survey pada Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Konvensional)
Author: Reza, Ahmad
Abstract: Di tengah persaingan yang ketat, setiap bank harus mampu menghimpun dana yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatannya dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dengan efektif. Maka dari itu setiap bank hars menetapkan kebijakan yang tepat di setiap kegiatan yang dilaksanakannya agar mampu mencapai efisiensi dan menghasilkan kinerja yang baik. Dengan kinerja yang baik maka bank akan mampu menghadapi persaingan yang begitu dan mampu menghasilkan keuntungan yang optimal. Kesehatan bank merupakan refleksi dari kinerja bank, bank yang sehat tentunya memiliki kinerja yang baik pula. Oleh sebab itu Bank Indonesia memandang perlunya suatu tata cara penilaian tingkat kesehatan bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara perhitungan tingkat likuiditas, rentabilitas, dan modal bank syariah dan bank konvensional, dan bagaimana hasil perhitungan tingkat likuiditas, rentabilitas, dan modal antara bank syariah dan bank konvensional. Adapun tolak ukur yang dijadikan standard dalam pengukuran adalah sistem penilaian yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, melalui Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 30/277/KEP/DIR tanggal 19 Maret 1998 tentang Tatacara Penilaian Tingkat Kesehatan Bank melalui beberapa indikator seperti Capital Adequacy Ratio (CAR), Return on Equity (ROE), Return on Total Assets (ROA), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Financing/Loan to Deposits Ratio (FDR/LDR), dan nilai tingkat kesehatan bank. Objek dalam penelitian ini adalah tingkat kesehatan Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri yang akan dianalisa untuk menilai kinerja keuangan bank yang diukur dari aspek likuiditas, rentabilitas dan modal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan komparatif. Sumber data yang digunakan adalah laporan keuangan tahun 2008 yang telah di audit dan laporan tahunan manajemen pada tahun 2008. Dari data yang diperoleh lalu di cari proses perhitungan likuiditas, rentabilitas, dan modal Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Konvensional. Setelah hasil perhitungan likuiditas, rentabilitas, dan modal Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Konvensional di dapat lalu di bandingkan. Hasil yang di bandingkan dapat di simpulkan bahwa dalam perhitungan rasio ROE dan FDR/LDR Bank Syariah Mandiri lebih baik dari pada Bank Mandiri, sedangkan dalam perhitungan rasio ROA, BOPO, dan CAR Bank Mandiri Konvensional lebih baik dari pada Bank Syariah Mandiri.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7010
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 39.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.25Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 102.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 379.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 181.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 197.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 45.88Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.19Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record