PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PERALATAN MEDIS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN UNIT DONOR DARAH PMI ( Studi kasus pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PERALATAN MEDIS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN UNIT DONOR DARAH PMI ( Studi kasus pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN PERALATAN MEDIS DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN UNIT DONOR DARAH PMI ( Studi kasus pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Bandung )
Author: Nahdiyan, Soffan
Abstract: Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai peranan sistem informasi akuntansi persediaan peralatan medis dalam menunjang efektivitas kerja karyawan. Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaian penerapan sistem informasi akuntansi persediaan peralatan medis, keadaan tingkat efektivitas kerja karyawan, dan seberapa besar peranan sistem informasi akuntansi persediaan peralatan medis dalam menunjang efektivitas kerja karyawan, pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia, Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui peranan antara Sistem Informasi Akuntansi Persediaan peralatan medis (variabel X) dan Efektivitas kerja karyawan (variabel Y) yaitu menggunakan metode deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data digunakan Pearson Product Moment dan Spearman Brown sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan koefisien determinasi dan Koefisien Korelasi Rank Spearman. Hasil pengujian hipotesis, diketahui bahwa perhitungan Koefisien determinasi mengandung arti bahwa peranan sistem informasi akuntansi persediaan peralatan medis mempunyai kontribusi sebesar 49,70% yang termasuk dalam tingkat sedang dalam menunjang Efektifitas Kerja Karyawan, sisanya yaitu sebanyak 50,30 % disebabkan oleh faktor-faktor lain. Hasil dari pengujian hipotesis rank spearman dapat diketahui besarnya hubungan (korelasi) antara sistem informasi akuntansi persediaan dengan efektivitas kerja karyawan adalah 0,705, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan (korelasi) positif yang kuat. Sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan statistik “t” dapat dilihat dari nilai (5,260) > (2,048). Hal tersebut mengindikasikan penolakan Ho. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Unit Donor Darah PMI Kota Bandung, serta pembahasan yang didasarkan pada teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang penulis identifikasi pada bab1, maka penulis menarik kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi persediaan yang diterapkan pada Unit Donor Darah PMI Kota Bandung sudah cukup berperan dalam menunjang tercapainya efektivitas kerja karyawan. Saran yang penulis sampaikan adalah Pentingnya peningkatan kualitas peralatan kantor, peralatan medis dan peralatan penunjang lainnya dan diharapkan kedepannya Unit Donor Darah PMI Kota Bandung memiliki penyimpanan barang / gudang tempat penyimpanan persediaan peralatan medis yang memadai.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7006
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.90Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 202.3Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 323.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 312.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 425.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 722.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 292.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record