MANFAAT SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PBB TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN (Studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut)

Widyatama Repository

MANFAAT SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PBB TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN (Studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut)

Show full item record

Title: MANFAAT SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PELAKSANAAN PEMUNGUTAN PBB TERHADAP PENCAPAIAN TARGET PENERIMAAN (Studi kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut)
Author: Salihan
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Salihan (01.04.354), dengan judul ”Manfaat Sistem pengendalian Intern Atas pelaksanaan Pemungutan PBB Tehadap Pencapaian Target Penerimaan di KPP Pratama Garut”. Di dalam penyusunan skripsi ini penulis di bawah bimbingan Ibu Diana Sari, S.E.,M.Si.,Ak. selaku dosen pembimbing. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan sifat sesuatu yang sedang berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu serta mengambarkan hubungan antar variabel untuk memperoleh data yang akan dipergunakan dan diolah Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanan pengendalian intern dalam pemungutan PBB dilaksanakan, untuk mengetahui pencapaian target penerimaan PBB di KPP Pratama Garut dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efektifitas pelaksanaan pengendalian dalam pemungutan PBB terhadap target penerimaan pajak, apakah telah sesuai dengan target atau tidak. Pelaksanaan pengendalian intern yang terjadi di KPP Pratama Garut, berdasarkan hasil kuisioner menunjukan angka 84% atau 0,84 dengan rata-rata sebesar 87% atau 0,87. Dimana angka tersebut termasuk dalam High Association yang berarti pengendalian intern yang dilaksanakan di KPP Pratama Garut sangat efektif. Sedangkan berdasarkan data yang diperoleh, pencapaian target penerimaan di KPP Pratama Garut untuk lima tahun tahun terakhir (2003 sampai dengan 2007) mengalami kenaikan. Penerimaan PBB untuk lima tahun terakhir dapat tercapai dan hal ini diprediksikan dapat terjadi karena adanya manfaat dari sistem pengendalian intern di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Garut. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sistem pengendalian intern atas pelaksanaan pemungutan PBB berbanding lurus dengan pencapaian target penerimaan PBB Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “Apabila Struktur Pengendalian Intern khususnya prosedur pengendalian intern dalam pelaksanaan pemungutan PBB efektif, maka target penerimaan akan tercapai” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7005
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 21.65Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.23Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 52.14Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 104.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 63.92Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 99.64Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.47Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.68Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record