EVALUASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi Kasus pada PERUM Pegadaian Kantor Wilayah Bandung )

Widyatama Repository

EVALUASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi Kasus pada PERUM Pegadaian Kantor Wilayah Bandung )

Show full item record

Title: EVALUASI AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PEMASARAN ( Studi Kasus pada PERUM Pegadaian Kantor Wilayah Bandung )
Author: Rosida
Abstract: Pemasaran memegang peranan penting dalam suatu perusahaan, karena pemasaran merupakan suatu kegiatan yang cukup menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Dengan semakin ketatnya persaingan antar perusahaan, terutama perusahaan sejenis, maka kegiatan pemasaran akan semakin meningkat, dan sebagai akibatnya biaya pemasaran akan meningkat. Peningkatan biaya penasaran pada akhirnya akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan dan laba yang diperoleh oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu diperlukan suatu pengendalian terhadap biaya pemasaran. Akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu system yang dapat dipakai sebagai dasar dalam melaksanakan pengendalian efektivitas biaya pemasaran. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PERUM Pegadaian Kantor Wilayah Bangung yang berlokasi di Jln. Pungkur No. 125. PERUM Pegadaian adalah salah satu Lembaga Pemerintah yang bergerak di bidang jasa penyaluran uang pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai dengan jaminan barang bergerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1). Mengetahui kememadaian penerapan akuntansi pertanggungjawaban di PERUM Pegadaian, (2) Mengetahui efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PERUM Pegadaian, (3) Mengetahui evaluasi akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PERUM Pegadaian. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus, yang meneliti kenyataan yang ada di perusahaan kemudian membandingkannya dengan teori yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara, penelitian kepustakaan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 15 orang yang berkaitan dengan topik yang diteliti pada PERUM Pegadaian Kantor Wilayah Bandung. Data yang diperoleh dari kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan rumus Korelasi Rank Spearman untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang memadai dapat meningkatkan efektivitas pengendalian biaya pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara penerapan akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian biaya pemasaran sebesar 0,7893. Koefisien determinasinya sebesar 62,29%. Hal ini berarti bahwa peningkatan efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PERUM Pegadaian dipengaruhi oleh penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang memadai, sedangkan sisanya sebesar 37,71% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain yang dalam penelitian ini tidak penulis teliti. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban yang memadai dapat meningkatkan efektivitas pengendalian biaya pemasaran.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7004
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 32.85Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 40.13Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 55.61Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 54.14Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 56.49Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 47.70Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 38.22Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.66Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 85.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 152.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 121.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 140.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 55.52Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 57.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record