PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Bagian Kepegawaian Puslitbang TekMIRA)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Bagian Kepegawaian Puslitbang TekMIRA)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Bagian Kepegawaian Puslitbang TekMIRA)
Author: Reviandy W.K.
Abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan audit operasional dalam menunjang efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan pada Puslitbang tekMIRA yang berada di Bandung. Pengukuran atas peranan audit operasional yang terdiri dari lima tahap yaitu; tahap perencanaan audit, tahap pelaksanaan survei pendahuluan, tahap pembuatan program audit, tahap pelaksanaan kerja lapangan, tahap pelaporan dan tahap tindak lanjut dalam menunjang efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan menggunakan kuesioner yang didasarkan pada berbagai indikator sebagaimana telah dioperasionalisasikan dalam table operasional variabel. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian studi kasus. Data yang digunakan dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada kepala auditor internal dan kepala bagian kepegawaian pada Puslitbang tekMIRA yang berada di Bandung, alasan utama pemilihan lokasi penelitian adalah ketersediaan data yang relevan untuk diteliti. Dalam pengujian hipotesis penulis menggunakan analisis regresi dengan tingkat signifikansi sebesar 95%. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dari kelima tahap audit operasional untuk keseluruhan pengujian nilai t menunjukkan bahwa audit operasional berhubungan positif dan signifikan terhadap efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan, karena nilai thitung > ttabel yaitu 4.670 > 1.985. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya audit operasional dalam perwujudan efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan. Dengan demikian, semakin baik audit operasional maka semakin baik pula efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan pada instansi tersebut. Hasil perhitungan analisis hubungan audit operasional terhadap efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel bebas tersebut berhubungan positif terhadap efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel dengan derajat bebas pembilang dua dan penyebut 9 pada α (0,05) yaitu 21.811 > 3.25. Dengan kata lain, semakin baik audit operasional, maka semakin baik pula efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan dan sekitarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 70.8 % keragaman variabel audit operasional disebabkan oleh perbedaan variabel efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan, sisanya sebesar 29,2 % disebabkan oleh faktor lain. Kontribusi sebesar itu menunjukkan bahwa betapa pentingnya audit operasional dalam pembentukan efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan. Dari hasil bantuan proses SPSS 14 for windows diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 5.586 + 0.841 X, yang artinya bahwa setiap kenaikan 1 skor audit operasional akan berhubungan terhadap peningkatan efektivitas penilaian prestasi kerja karyawan sebesar 84,1% dengan catatan variabel bebas lain konstan atau tetap.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7002
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 52.34Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 39.29Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 58.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 155.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 136.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 206.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 44.07Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record