PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT LULUSAN SARJANA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Survei pada beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT LULUSAN SARJANA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Survei pada beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT LULUSAN SARJANA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (PPAk) (Survei pada beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Bandung)
Author: Latifah, Ratna
Abstract: Penelitian ini dapat diketahui bahwa minat lulusan sarjana akuntansi untuk mengikuti PPAk tidaklah terlalu besar. Hal ini dapat diketahui dari jumlah peserta PPAk sendiri yang hanya berkisar dari sepuluh hingga tiga puluh orang yang mengikuti PPAk Pemotivasian sejak dini kepada mahasiswa didik akuntansi tentang pengetahuan PPAk serta sosialiasi dan promosi pentingnya PPAk sebagai pendidikan berbasis profesi yang akan menghasilkan akuntan yang profesional dirasakan sangat kurang. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Lulusan Sarjana Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)”. (Survei pada beberapa Perguruan Tinggi Swasta di Bandung). Objek penelitian dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada Universitas Widyatama, Universitas Maranatha, dan STIE Tridarma yang menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Akuntansi dan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) yang berlokasi di Bandung. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dengan menggunakan Analisis Multiple Linier Regresion dan Corellation Analysis pada tingkat signifikansi 0.05. Dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Sedangkan dari hasil analisis statistik diperoleh nilai korelasi berganda sebesar 0.818 ini berarti mempunyai hubungan yang tinggi antara variabel motivasi dengan variabel minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk. Dan nilai Kd sebesar 66.90% artinya variabel motivasi kualitas, motivasi sosial, motivasi karir mempengaruhi atau memberikan kontribusi tehadap perubahan minat mahasiswa untuk mengikuti PPAk, sedangkan 33.10% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam penelitian ini. Sedangkan persamaan regresinya Y = 0.121 + 0.078 X1 + 0.278 X2 +0.091 X3 dan hasil uji hipotesis dipeoleh t hitung untuk masing-masing variabel 1.758, 5.269, 1.752 lebih besar dari t tabel 1.6684 sehingga hipotesis penelitian dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7000
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 91.97Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 105.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 142.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 138.3Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.7Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 104.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 157.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 195.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 225.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 239.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 147.1Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 112.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record