PENGARUH ZERO BASED BUDGET TERHADAP EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN ( Studi kasus pada PT. “X” di Wilayah Bagian Timur Indonesia )

Widyatama Repository

PENGARUH ZERO BASED BUDGET TERHADAP EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN ( Studi kasus pada PT. “X” di Wilayah Bagian Timur Indonesia )

Show full item record

Title: PENGARUH ZERO BASED BUDGET TERHADAP EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN ( Studi kasus pada PT. “X” di Wilayah Bagian Timur Indonesia )
Author: Syahbani, M. Yanuar
Abstract: Pembahasan mengenai anggaran, saat ini sudah diterapkan beberapa pendekatan dalam menyusun anggaran pada suatu perusahaan. Diantaranya yang digunakan pada perusahaan, khususnya perusahaan pertambangan yang menggunakan pendekatan nol dasar anggaran atau yang sering disebut zero based budget. Perusahaan pertambangan adalah perusahaan yang bergerak dibidang pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Realita yang terjadi saat ini para investor harus berfikir secara kritis tentang strategi pemanfaatan sumber daya yang ada mengenai, estimasi anggaran, perencanaan biaya yang efisien dan tahap-tahap operasional produksi yang efektif, dengan metode yang tepat, fleksibel dengan tujuan agar perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan serta dapat meningkatkan laba perusahaan, sehingga membantu proses pengambilan keputusan yang tepat, akurat, dan dapat diandalkan. Pada saat ini beberapa perusahaan khususnya perusahaan pertambangan sering kali menggunakan estimasi anggaran yang tidak sesuai dengan pelaksanaannya dengan biaya yang dikeluarkan, dampak yang terjadi pada perusahaan, kurang adanya perhitungan yang tepat mengenai perencanaan dan pelaksanaannya, keputusan yang diambil untuk meningkatkan kinerja perusahaan sering kali tidak tepat. Berdasarkan hal-hal tersebut penulis melakukan penelitian mengenai “Pengaruh zero based budget Terhadap Efisiensi Biaya Produksi” Objek penelitiannya adalah perusahaan pertambangan, yang berada berada di daerah Wilayah Timur Indonesia. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai: Pelaksanaan zero based budget dalam memberi pengaruh terhadap efisiensi biaya produksi, efisiensi biaya atas pelaksanaan zero based budget dalam kinerja perusahaan setelah dilakukannya pelaksanaan zero based budget dalam memberi pengaruh terhadap efisiensi biaya produksi pada. Metodologi yang digunakan adalah metode statistik parametrik, dengan cara mengumpulkan data laporan tertulis yang menggambarkan objek yang penulis teliti. Bentuk penelitian yang dilakukan berupa survei pada perusahaan pertambangan. Teknik pendekatan yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi ke lapangan, kuesioner, wawancara yang dilakukan pada tanggal 21 Februari 2009 sampai dengan 21 Maret 2009, dan melalui riset kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teori. Dari hasil pengujian, yang menunjukkan angka dapat disimpulkan bahwa Pengaruh zero based budget Terhadap Efisiensi Biaya Produksi adalah memberikan Cost performance report, Production report, Activity progress, Equipment hours analysis, Price variance analysis, Performance indicator other, Equipment life analysis,Volume variance analysis pada perusahaan sehingga biaya dapat efektif dan efisien.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6995
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 73.58Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.16Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 56.84Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 53.91Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 53.72Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 47.27Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 46.38Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 79.58Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 121.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 101.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 186.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 45.02Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record