STUDI PERBANDINGAN PERSEPSI ATAS PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI ANTARA AUDITOR INDEPENDEN NON PENDIDIK DENGAN AUDITOR INDEPENDEN YANG MERANGKAP SEBAGAI PENDIDIK (Survey terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

STUDI PERBANDINGAN PERSEPSI ATAS PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI ANTARA AUDITOR INDEPENDEN NON PENDIDIK DENGAN AUDITOR INDEPENDEN YANG MERANGKAP SEBAGAI PENDIDIK (Survey terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: STUDI PERBANDINGAN PERSEPSI ATAS PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI ANTARA AUDITOR INDEPENDEN NON PENDIDIK DENGAN AUDITOR INDEPENDEN YANG MERANGKAP SEBAGAI PENDIDIK (Survey terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Sopiana, Lina Marlina
Abstract: Auditor sebagai profesi yang terdiri atas landasan kepercayaan masyarakat yang melalui klien, diharapkan dalam melaksanakan tugasnya dapat bertindak profesional dan dapat mematuhi kode etik profesinya. Kasus-kasus yang menimpa auditor salah satunya disebabkan karena mereka tidak memahami kode etik profesinya, padahal kode etik harus dipahami oleh setiap profesi terutama auditor, baik auditor independen non pendidik maupun auditor independen yang merangkap sebagai pendidik. Penelitian ini dilakukan terhadap auditor independen non pendidik dan auditor independen yang merangkap sebagai pendidik yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis persepsi antara auditor independen non pendidik dengan auditor independen yang merangkap sebagai pendidik atas pelaksanaan kode etik profesinya, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara kedua persepsi tersebut. Metode yang digunakan untuk menetukan sampel adalah metode non probabilitas dengan teknik convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan ke beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung. Untuk menentukan perbandingan persepsi antara auditor independen non pendidik dengan auditor independen yang merangkap sebagai pendidik atas pelaksanaan kode etik profesi digunakan statistik inferensial parametrik dengan uji Paired Sampel t test (Uji Perbedaan) hasilnya diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.299, angka ini lebih besar dari 0.05 yang merupakan tingkat signifikansi yang digunakan penulis dalam penelitian ini. Sehingga penelitian ini menemukan adanya perbedaan yang tidak signifikan antara persepsi auditor independen non pendidik dengan auditor independen yang merangkap sebagai pendidik atas pelaksanaan kode etik profesi. Dengan demikian, walaupun terjadi perbedaan persepsi atas pelaksanaan kode etik profesi antara auditor independen non pendidik dengan auditor independen yang merangkap sebagai pendidik, tetapi perbedaan tersebut masih dapat ditolerir atau tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa para auditor memahami kode etik profesinya dan tidak berkeberatan untuk melaksanakannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6994
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 65.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 72.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 100.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 164.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 121.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 146.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 74.46Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 72.59Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record