Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Barcode Pool Tables Bandung.

No Thumbnail Available
Date
2005-01
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Dalam penelitian ini penulis membahas mengenai Pengaruh Loyalitas Konsumen Terhadap Relationship Marketing pada Barcode Pool Tables. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Relationship Marketing yang dilakukan oleh Barcode Pool Tables, untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap pelaksanaan Relationship marketing yang dilakukan oleh Barcode Pool Tables, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Relationship Marketing terhadap tingkat loyalitas konsumen di Barcode Pool Tables. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh rata-rata keseluruhan mengenai tanggapan konsumen atas Relationship Marketing yang dilaksanakan oleh Barcode Pool Tables Bandung yaitu sebesar 3.95, yang berarti bahwa konsumen memberikan tanggapan yang baik terhadap oleh Relationship Marketing yang dilaksanakan Barcode Pool Tables. Berdasarkan hasil perhitungan di atas diperoleh rata-rata keseluruhan mengenai loyalitas konsumen atas Relationship Marketing yang dilaksanakan oleh Barcode Pool Tables Bandung yaitu sebesar 3.65, yang berarti loyalitas konsumen dapat dikategorikan loyal. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas konsumen maka diperlukan suatu pengukuran mengenai Relationship Marketing yang dilakukan dibandingkan dengan tingkat loyalitas konsumen yang ada sekarang. Pengukuran dilakukan menggunakan rumus Rank Spearman untuk mengetahui kekuatan hubungan variabel independent (Relationship Marketing) dan variabel dependent (kepuasan konsumen) serta untuk mengetahui besarnya pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas konsumen pada Barcode Pool Tables. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini bersifat ordinal. Dari hasil analisis korelasi Rank Spearman dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang sedang dan arah yang positif antara Relationship Marketing dengan tingkat loyalitas konsumen sebesar 0,53. Sedangkan untuk unsur signifikan atau tidaknya korelasi tersebut maka digunakan statistik uji t, lalu membandingkan antara t hitung dengan t tabel. Dari hasil statistik uji t hitung dapat diketahui bahwa nilai t hitung ternyata lebih besar daripada nilai t tabel dengan nilai t hitung sebesar 4.3 sedangkan nilai t tabel adalah 1.6918, sehingga dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara Relationship Marketing terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan di bab I yaitu â semakin baik pelaksanaan Relationship Marketing maka semakin tinggi tingkat loyalitas konsumenâ dapat diterima.
Description
Keywords
Pengaruh Relationship Marketing
Citation