PENGARUH PENERAPAN PRINSIP ETIKA TERHADAP PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK (Survei terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP ETIKA TERHADAP PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK (Survei terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PRINSIP ETIKA TERHADAP PROFESIONAL AKUNTAN PUBLIK (Survei terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik di Bandung)
Author: Fitri
Abstract: Akuntan publik sebagai profesi yang terdiri atas landasan kepercayaan masyarakat yang melalui klien, diharapkan dalam pelaksanaan tugasnya dapat bertindak profesional dan dapat mematuhi etika profesi yaitu Kode Etik Akuntan Indonesia. Saat ini banyak kasus yang menimpa profesi akuntan publik dikarenakan adanya pelanggaran etika, padahal prinsip etika merupakan pedoman bagi profesi akuntan publik dan juga memiliki standar yang sudah baku. Berdasarkan opini tersebut dapat dilihat bahwa penerapan prinsip etika memiliki pengaruh terhadap profesional akuntan publik. Penelitian ini dilakukan terhadap auditor senior dan auditor junior yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari penerapan prinsip etika terhadap profesional akuntan publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan menggunakan korelasi rank spearman pada tingkat signifikansi 0.05. Dari hasil analisis dan perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi rank spearman (Rs) sebesar 0.5895. Hal ini menunjukan pengaruh yang cukup kuat antara penerapan prinsip etika terhadap profesional akuntan publik. Angka positif menggambarkan pengaruh yang berbanding lurus artinya, jika penerapan prinsip etika diterapkan dengan baik, maka akan sangat berhubungan dengan profesional akuntan publik. Koefisien determinasi (Kd) sebesar 35% artinya dengan adanya penerapan prinsip etika berpengaruh terhadap profesional akuntan publik sebesar 35%. Sedangkan sisanya sebesar 65% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti penulis. Dari hasil analisis dan perhitungan korelasi tersebut diperoleh nilai t sebesar 1.714, karena thitung > ttabel (3.50018 > 1.714), maka dengan ini dapat dinyatakan bahwa penerapan prinsip etika berpengaruh terhadap profesional akuntan publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6987
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 64.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 70.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 91.50Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 148.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 134.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 149.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 88.49Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 69.53Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record