PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH & PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP REALISASI BELANJA PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH & PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP REALISASI BELANJA PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH & PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP REALISASI BELANJA PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Bagian Keuangan Sekretariat Daerah Kota Bandung)
Author: Sutrisna, Dani
Abstract: Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data empirik mengenai besarnya pengaruh Pendapatan Pajak Daerah dan Pendapatan Bagi Hasil Pajak terhadap Realisasi Belanja Publik, dengan menggunakan Metode Deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penulis berusaha untuk memecahkan masalah melalui data-data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah dan dianalisis. Variabel yang diteliti adalah Pendapatan Pajak Daerah sebagai variabel independen pertama yang merupakan sumber keuangan yang diperoleh suatu daerah yang berasal dari pajak daerah, Pendapatan Bagi Hasil Pajak sebagai variabel independen kedua yang merupakan sumber keuangan yang diperoleh suatu daerah yang bersumber dari penerimaan APBN yang dialokasikan kepada Pemerintah Daerah dan Realisasi Belanja Publik sebagai variabel dependen yang merupakan jumlah pengeluaran Pelayanan Publik yang dibiayai dari Pendapatan Daerah. Hasil analisis korelasi menunjukkan derajat keeratan hubungan secara parsial antara Pendapatan Pajak Daerah (X1) dan Realisasi Belanja Publik (Y) adalah sebesar 0,983, artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah kuat dan searah. Dan derajat keeratan hubungan parsial antara Pendapatan Bagi Hasil Pajak (X2) dan Realisasi Belanja Publik (Y) adalah sebesar 0,964, artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah kuat dan searah. Sedangkan derajat keeratan hubungan secara simultan antara Pendapatan Pajak Daerah dan pendapatan Bagi Hasil Pajak terhadap Realisasi Belanja Publik adalah sebesar 0.983, artinya hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen adalah kuat dan searah. Untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dilakukan dengan uji “t”. Hasil pengujian hipotesis antara Pendapatan Pajak Daerah (X1) dan Realisasi Belanja Publik (Y) ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (7,539 > 4,303) dengan kriteria α = 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha11 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Pajak daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Realisasi Belanja Publik. Dan hasil pengujian hipotesis antara Pendapatan Bagi Hasil Pajak (X2) dan Realisasi Belanja Publik (Y) menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (5,155 > 4,303) dengan kriteria α = 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha22 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Bagi Hasil Pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Realisasi Belanja Publik. Sedangkan untuk menghitung tingkat signifikansi pengaruh variabel bebas (Xi) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) digunakan uji “F”. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung lebih kecil dari Ftabel (14,526 < 199,5) dengan kriteria α = 0,05 dengan demikian Ho diterima dan Ha33 ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan Pendapatan Pajak Daerah dan Pendapatan Bagi Hasil Pajak tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Realisasi Belanja Publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6980
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.62Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 85.57Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 75.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 70.99Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 70.71Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 117.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 159.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 139.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 262.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.80Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 71.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record