PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PERSEDIAAN BARANG JADI ( Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Co.Tbk. )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PERSEDIAAN BARANG JADI ( Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Co.Tbk. )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PERSEDIAAN BARANG JADI ( Studi kasus pada PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Co.Tbk. )
Author: Siregar, Christopel
Abstract: Setiap perusahaan mempunyai tujuan dalam melakukan aktivitasnya. Tujuan utama bagi perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang optimal dengan menggunakan segala kemampuan, metode-metode, dan alat-alat yang dimilikinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan perlu mengendalikan segala kegiatan yang ada di dalam perusahaan. Dengan demikian, perusahaan harus menyadari perlunya melaksanakan manajemen yang baik dengan menerapkan pengendalian internal yang memadai. Pentingnya pengendalian internal ini selain karena semakin besar dan kompleksnya operasi perusahaan, juga karena pengendalian internal merupakan suatu metode dan prosedur secara langsung maupun tidak langsung dapat meminimalkan segala bentuk kecurangan dan penyelewengan yang mungkin dapat merugikan perusahaan. Tujuan pengendalian internal dapat tercapai jika unsur-unsur pengendalian internal itu sendiri benar-benar dipenuhi, dan agar pengendalian itu berjalan secara efektif dan efisien, diperlukan suatu bagian tertentu yang mengawasi dan mengevaluasi efektivitas dan efisiensi pengendalian internal. Bagian ini adalah audit internal. Persediaan merupakan salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh perusahaan, oleh karena itu persediaan harus dikelola dengan baik. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis melakukan penelitian pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Co.Tbk yang berlokasi di Jalan Raya Cimareme No.131 Cimahi, dimana aktivitas dari perusahaan ini adalah memproduksi makanan dan minuman aseptik yang dikemas dalam kemasan karton. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh audit internal dalam menunjang efektivitas persediaan barang jadi yang dilakukan PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Co.Tbk dan untuk mengetahui seberapa penting peranan audit internal sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas persediaan barang jadi pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Co.Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Co.Tbk adalah metode analisa deskriptif dimana teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner serta penelitian kepustakaan. Sedangkan metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah metode statistik yang dikemukakan oleh Rank Spearman Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa audit internal sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas persediaan barang jadi sangat berperan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan jawaban kuesioner sebesar 58,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan adanya audit internal, maka efektivitas pengendalian internal persediaan barang jadi dapat semakin ditingkatkan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6976
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 47.79Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 50.51Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 42.49Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 66.25Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 54.90Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 38.34Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 38.29Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 82.56Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 127.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 118.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 114.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 51.48Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 49.88Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record