PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT INVESTASI ( Survei pada Beberapa Bank di Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT INVESTASI ( Survei pada Beberapa Bank di Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT INVESTASI ( Survei pada Beberapa Bank di Bandung )
Author: Irfiani, Annisa
Abstract: Salah satu sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi adalah sektor perbankan. Hal ini disebabkan karena salah satu fungsi utama bank adalah sebagai suatu wahana yang dapat membantu menyediakan dana investasi bagi pembangunan nasional dengan cara mengumpulkan dan mengimpun dana dari masyarakat lewat tabungan, deposito, dan giro yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pemberian kredit, salah satunya pemberian kredit investasi. Dari sekian banyak jasa-jasa yang diberikan oleh bank, yang paling penting dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu bank adalah jasa pemberian kredit. Bagi suatu bank, kredit merupakan sumber utama penghasilan bank sekaligus sumber resiko bisnis terbesar dimana ada kemungkinan kredit tidak tertagih (kredit macet). Kredit macet adalah suatu resiko yang melekat pada suatu kredit bank, maka sudah seharusnya bank hanya memberi kredit kepada debitur yang layak. Untuk itu proses seleksi calon debitur adalah hal yang wajib dilakukan oleh bank. Salah satu cara yang dilakukan untuk menyeleksi suatu permohonan kredit adalah dengan mencari dan mengumpulkan informasi laporan keuangan perusahaan calon debitur yang kemudian dianalisis untuk mengetahui keadaan keuangannya. Melalui penggunaan informasi laporan keuangan yang memadai dapat memberikan keyakinan pada pihak bank bahwa kredit investasi yang diberikan akan dikembalikan tepat pada waktunya dan tujuan dari pemberian kredit ini pun akan tercapai. Berdasarkan alasan diatas, penulis mengadakan penelitian pada beberapa bank yang berlokasi di Bandung, baik itu Bank Pemerintah maupun Bank Swasta. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari informasi laporan keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan pemberian kredit investasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi survei. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner, selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan menggunakan korelasi Rank Spearmen pada tingkat signifikansi 0.05. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi Rank Spearmen (Rs) sebesar 0.682. Untuk mengetahui prosentase pengaruh informasi laporan keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan pemberian kredit investasi digunakan analisis koefisien determinasi dimana hasil yang diperoleh adalah Kd = 46.5%. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan distribusi t diperoleh t hitung > t tabel ( 3.361 > 1.771) dan karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat pengaruh informasi laporan keuangan perusahaan dalam pengambilan keputusan pemberian kredit investasi yang signifikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6970
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 55.81Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 82.67Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 113.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 86.45Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 112.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 121.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 131.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 207.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 177.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 221.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 126.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 82.92Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record