“PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP REAKSI PASAR” (Studi pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

“PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP REAKSI PASAR” (Studi pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: “PENGARUH PRAKTIK EARNINGS MANAGEMENT TERHADAP REAKSI PASAR” (Studi pada perusahaan-perusahaan manufaktur yang termasuk dalam LQ45 di Bursa Efek Indonesia)
Author: Gahara, Yogi Brilliana
Abstract: Pentingnya informasi laba yang terkandung dalam laporan keuangan dan adanya asimetri informasi antara manajemen (sebagai pihak yang menerbitkan informasi) dengan pihak-pihak pemakai laporan keuangan dapat mendorong manajemen untuk melakukan praktik manajemen laba (earnings management). Praktik manajemen laba tersebut antara lain dengan cara menaikkan pelaporan laba (income increasing) maupun dengan cara menurunkan pelaporan laba (income decreasing). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji reaksi pasar di sekitar periode pengumuman laba, akibat praktik manajemen laba. Pengujian dilakukan terhadap perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam LQ45 tahun 2006-2007. Manajemen laba diukur melalui nilai discretionary accrual sebagai indikatornya, dengan menggunakan Modified Jones Model. Sedangkan reaksi pasar diukur dengan menggunakan Model Pasar yang menghitung abnormal return tiap-tiap sekuritas di sekitar periode pengumuman laba. Dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana pada tingkat signifikansi 5%, hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengindikasikan bahwa pengaruh praktik manajemen laba (khususnya income increasing & income decreasing) terhadap reaksi pasar yang terjadi jumlahnya sangat sedikit atau tidak signifikan. Hal ini mungkin disebabkan oleh nilai praktik manajemen laba yang dilakukan perusahaan sangatlah kecil atau tidak material, sehingga pengaruhnya terhadap reaksi pasar juga tidak terlalu signifikan. Kemungkinan lainnya adalah adanya faktor-faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap reaksi pasar ketimbang saldo laba yang dilaporkan emiten, misalnya informasi mengenai pengumuman dividen, kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini, kondisi perekonomian secara makro dan global, kondisi politik, dan lain-lain.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6969
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 164.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 138.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 143.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 142.4Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 91.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 192.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 341.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 308.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 367.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 139.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 119.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record