PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN (Studi survey di DIPENDA Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN (Studi survey di DIPENDA Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN TERHADAP DANA PERIMBANGAN (Studi survey di DIPENDA Kota Bandung)
Author: Ghatika, Wingit Septima
Abstract: Rendahnya kemampuan dalam menggali sumber-sumber pendapatan yang sah. Selama ini, selain disebabkan oleh faktor Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan yang disebabkan oleh batasan hukum. Sehingga salah satu caranya dengan meningkatkan efektivitas penerimaan pajak, karena perpajakan merupakan sektor penerimaan Negara yang kondisinya dinamis sejalan dengan perkembangan dan pertumbuhan sosial ekonominya. Peran sektor perpajakan ini semakin penting artinya dalam APBN setiap tahunnya. Pajak secara garis besar dibagi atas 2 bagian yaitu pajak pusat dan pajak daerah. penelitian skripsi ini akan membahas pajak yang dikelola oleh pemerintah pusat yang hasil penerimaannya dibagi dengan daerah. Pajak yang penulis bahas adalah Pengaruh Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Dana Perimbangan dengan melakukan penelitian di DIPENDA Kota Bandung, metode yang digunakan adalah metode deskritif. Dalam penelitian ini dilakukan pengujian dengan analisis regresi, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan dua variabel X (Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan) dan Variabel Y (Dana Perimbangan). Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 45.43% kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan terhadap Dana Perimbangan. Dari hasil pengujian hipotesis, dengan df(8), maka ttabel = 2.306 sedangkan thitung = 2.581. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa efektifitas penerimaan pajak bumi dan bangunan mempunyai pengaruh terhadap dana perimbangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6968
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 92.00Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 83.24Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 87.80Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 83.35Kb PDF View/Open
Daftar Diagram.pdf 82.24Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 81.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 82.33Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 137.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 199.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 144.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 251.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 82.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record